https://ejournal.iprija.ac.id/index.php/AlKosimi/issue/feed ALKOSIMI: Aksi dan Kontribusi Sosial untuk Masyarakat Inklusif 2024-12-25T08:01:52+07:00 Muhamad muhamad@iprija.ac.id Open Journal Systems <p><strong>ALKOSIMI [<span class="OYPEnA text-decoration-none text-strikethrough-none">Aksi dan Kontribusi Sosial untuk Masyarakat Inklusif]</span></strong> sebuah nama yang didedikasikan kepada tokoh bangsa Prof. KH. Kosim Nurseha. Penekanan substansi jurnal adalah pada aksi konkrit dan kontribusi positif terhadap inklusi sosial di masyarakat. Jurnal ini menjadi platform yang menghubungkan berbagai inisiatif, riset, dan praktik terbaik dalam upaya memajukan kesejahteraan dan inklusi bagi semua lapisan masyarakat.</p> <p>ISSN: 3048-118X (daring)</p> <p>Pengiriman artikel melalui OJS atau melalui surel: Jurnal@iprija.ac.id</p> https://ejournal.iprija.ac.id/index.php/AlKosimi/article/view/97 Pengembangan Karakter dan Keterampilan Pemuda Melalui Local Project AIESEC 2024-11-28T10:33:18+07:00 Najwa Chadeeja Alhady najwaachadeeja@ipb.ac.id Najma Faathima Alhady najma@unj.ac.id <p>Artikel ini mengangkat program lokal <em>HealMe</em> yang diselenggarakan oleh sukarelawan AIESEC IPB University. Program sejenis ini rutin diadakan guna meningkatkan kapasitas pemuda sekaligus memberikan dampak positif kepada mahasiswa dan pelajar. Pendekatan kualitatif dan evaluasi deskriptif digunakan untuk menilai dampak program terhadap kelompok sasaran. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa program ini berhasil meningkatkan keterampilan sosial, kepemimpinan, dan empati para sukarelawan, sekaligus meningkatkan kesadaran siswa tentang kesehatan mental dan gizi. Temuan pada artikel ini menunjukkan bahwa HealMe memberikan dampak positif yang berkelanjutan dalam pengembangan keterampilan dan kesadaran diri, dengan implikasi yang signifikan bagi pengembangan pemuda dan keterlibatan komunitas.</p> <p>&nbsp;</p> 2024-11-30T00:00:00+07:00 Hak Cipta (c) 2024 ALKOSIMI: Aksi dan Kontribusi Sosial untuk Masyarakat Inklusif https://ejournal.iprija.ac.id/index.php/AlKosimi/article/view/93 Aktualisasi Peran Mata Kuliah Bahasa Inggris Bagi Mahasiswa di Institut Pembina Rohani Islam Jakarta 2024-11-27T12:20:33+07:00 Dicky Dwi Prakoso dikidp@gmail.com <p>Mata kuliah Bahasa Inggris dianggap penting, namun belum banyak yang mengkaji sejauh mana aktualisasi perannya dalam konteks pembelajaran di lingkungan pendidikan Islam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggali dan menganalisis peran mata kuliah Bahasa Inggris bagi mahasiswa serta bagaimana pengajaran Bahasa Inggris dapat mendukung penguasaan ilmu pengetahuan dan keterampilan komunikasi global. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode pengamatan lapangan yang melibatkan wawancara mendalam dan observasi terhadap mahasiswa yang mengikuti perkuliahan Bahasa Inggris. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mata kuliah Bahasa Inggris memiliki peran penting dalam meningkatkan keterampilan bahasa mahasiswa, mendukung pemahaman materi akademik, serta membuka peluang komunikasi internasional. Namun, masih terdapat kebutuhan untuk penyesuaian kurikulum agar lebih relevan dengan konteks mahasiswa di Institut Pembina Rohani Islam Jakarta. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam pengembangan kurikulum Bahasa Inggris di institusi pendidikan Islam.</p> 2024-11-30T00:00:00+07:00 Hak Cipta (c) 2024 ALKOSIMI: Aksi dan Kontribusi Sosial untuk Masyarakat Inklusif https://ejournal.iprija.ac.id/index.php/AlKosimi/article/view/108 Esensi dan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam di SMA Darussalam, Depok 2024-12-21T12:38:47+07:00 Slamet Munawar smunawar@gmail.com Alvi Maulana alvigmc@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji esensi dan pengembangan kurikulum pendidikan Islam di SMA Darussalam, Depok, dengan fokus pada bagaimana kurikulum tersebut dirancang, diterapkan, dan dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan pendidikan yang berbasis nilai-nilai Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus yang dilakukan di SMA Darussalam, Depok. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi terhadap pihak-pihak terkait, seperti kepala sekolah, guru, dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kurikulum pendidikan Islam di SMA Darussalam memiliki peran penting dalam membentuk karakter siswa dengan menekankan pada integrasi antara ilmu pengetahuan dan nilai-nilai Islam. Pengembangan kurikulum dilakukan dengan memperhatikan perkembangan zaman dan kebutuhan peserta didik, serta berupaya untuk menciptakan keseimbangan antara aspek akademik dan moral. Meskipun demikian, masih terdapat tantangan dalam implementasi dan evaluasi kurikulum yang perlu diperbaiki untuk lebih meningkatkan efektivitasnya. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap pengembangan kurikulum pendidikan Islam yang lebih relevan dan efektif di sekolah-sekolah Islam di Indonesia.</p> 2024-11-30T00:00:00+07:00 Hak Cipta (c) 2024 ALKOSIMI: Aksi dan Kontribusi Sosial untuk Masyarakat Inklusif https://ejournal.iprija.ac.id/index.php/AlKosimi/article/view/96 Pembelajaran Hafalan Al-Qur’an Dengan Metode Tikror Dalam Mengembangkan Karakter Religius Siswa SMK Muhammadiyah Adiwerna 2024-11-27T11:54:28+07:00 Ali Ridho aliridho7558@gmail.com Seipah Kardipah seipahk@gmail.com Hesti Kusumaningrum hesti.kusumaningrum@uinjkt.ac.id <p>Salah satu cara untuk menanggulangi persoalan remaja adalah dengan menanamkan karakter spiritual pada remaja masa kini dengan memberikan pembelajaran hafalan Al-Qur’an melalui metode tikror. SMK Muhammadiyah di desa Ujungrusi Kecamatan Adiwerna Kabupaten Tegal mengadakan kegiatan hafalan Al-Qur’an untuk untuk menanamkan karakter religius melalui hafalan Al-Qur’an dengan metode tikror. Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan efektifitas pembelajaran hafalan Al-Qur’an dengan metode tikror terhadap pengembangan karakter spiritual siswa SMK Muhammadiyah Adiwerna. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa pembelajaran hafalan Al-Qur’an dengan metode tikror terbukti efektif dalam menanamkan dan mengembangkan karakter religius siswa SMK Muhammadiyah Adiwerna. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya perubahan sikap siswa yang semakin baik dan disiplin dalam belajar, guru di sekolah juga mencatat perkembangan psikologi siswa lewat rapot hasil belajar siswa yang menunjukkan perubahan sikap baik.</p> 2024-11-30T00:00:00+07:00 Hak Cipta (c) 2024 ALKOSIMI: Aksi dan Kontribusi Sosial untuk Masyarakat Inklusif https://ejournal.iprija.ac.id/index.php/AlKosimi/article/view/77 Sosialisasi Kader Pendamping Ketahanan Keluarga Untuk Mewujudkan Kelurahan Ramah Perempuan dan Peduli Anak di Kota Pekalongan 2024-11-05T10:34:12+07:00 Arina Safitri Arntfsa@gmail.com Marina Ryan 1Ryanmarina@gmail.com Bilal Muhamad 3Muhamadbilal@yahoo.com Nisa Olivia Tetria 4OliviaTetria@gmail.com Rofiah Nova Lestari Lestari1@gmail.com Maei Lita Putri Putri12@gmail.com Faridatun Anida Anida343@gmail.com <p>Artikel ini membahas mengenai sosialisasi kader pendamping ketahanan keluarga yang dilaksanakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan dan Perlindungan Anak (DPMPPA) melalui bidang Pemberdayaan Perempuan, Pemenuhan Hak Anak dan Perlindungan Perempuan dan Anak (P3HAPPA). Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan ketahanan keluarga dalam menghadapi isu kekerasaan dalam rumah tangga (KDRT) dan pernikahan anak. Dengan melibatkan 50 peserta dari berbagai keluraham dan kecamatan, sosialisasi ini terdapat materi mengenai peningkatan kualitas keluarga dan pengasuhan positif di era modern. Kegiatan ini dibuka oleh kepala DPMPPA dan diisi oleh narasumber dari kementrian agama serta psikolog dari PUSPAGA. Melalui diskusi interaktif, kegiatan ini dapat memberdayakan kader sebagai agen perubahan yang peduli terhadap perempuan dan anak, serta menciptakan lingkungan yang ramah perempuan dan anak di Kota Pekalongan.</p> 2024-11-30T00:00:00+07:00 Hak Cipta (c) 2024 ALKOSIMI: Aksi dan Kontribusi Sosial untuk Masyarakat Inklusif