https://ejournal.iprija.ac.id/index.php/AlKosimi/issue/feedALKOSIMI: Aksi dan Kontribusi Sosial untuk Masyarakat Inklusif2024-12-25T08:01:52+07:00Muhamadmuhamad@iprija.ac.idOpen Journal Systems<p><strong>ALKOSIMI [<span class="OYPEnA text-decoration-none text-strikethrough-none">Aksi dan Kontribusi Sosial untuk Masyarakat Inklusif]</span></strong> sebuah nama yang didedikasikan kepada tokoh bangsa Prof. KH. Kosim Nurseha. Penekanan substansi jurnal adalah pada aksi konkrit dan kontribusi positif terhadap inklusi sosial di masyarakat. Jurnal ini menjadi platform yang menghubungkan berbagai inisiatif, riset, dan praktik terbaik dalam upaya memajukan kesejahteraan dan inklusi bagi semua lapisan masyarakat.</p> <p>ISSN: 3048-118X (daring)</p> <p>Pengiriman artikel melalui OJS atau melalui surel: Jurnal@iprija.ac.id</p>https://ejournal.iprija.ac.id/index.php/AlKosimi/article/view/97Pengembangan Karakter dan Keterampilan Pemuda Melalui Local Project AIESEC 2024-11-28T10:33:18+07:00Najwa Chadeeja Alhadynajwaachadeeja@ipb.ac.idNajma Faathima Alhadynajma@unj.ac.id<p>Artikel ini mengangkat program lokal <em>HealMe</em> yang diselenggarakan oleh sukarelawan AIESEC IPB University. Program sejenis ini rutin diadakan guna meningkatkan kapasitas pemuda sekaligus memberikan dampak positif kepada mahasiswa dan pelajar. Pendekatan kualitatif dan evaluasi deskriptif digunakan untuk menilai dampak program terhadap kelompok sasaran. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa program ini berhasil meningkatkan keterampilan sosial, kepemimpinan, dan empati para sukarelawan, sekaligus meningkatkan kesadaran siswa tentang kesehatan mental dan gizi. Temuan pada artikel ini menunjukkan bahwa HealMe memberikan dampak positif yang berkelanjutan dalam pengembangan keterampilan dan kesadaran diri, dengan implikasi yang signifikan bagi pengembangan pemuda dan keterlibatan komunitas.</p> <p> </p>2024-11-30T00:00:00+07:00Hak Cipta (c) 2024 ALKOSIMI: Aksi dan Kontribusi Sosial untuk Masyarakat Inklusifhttps://ejournal.iprija.ac.id/index.php/AlKosimi/article/view/93Aktualisasi Peran Mata Kuliah Bahasa Inggris Bagi Mahasiswa di Institut Pembina Rohani Islam Jakarta2024-11-27T12:20:33+07:00Dicky Dwi Prakosodikidp@gmail.com<p>Mata kuliah Bahasa Inggris dianggap penting, namun belum banyak yang mengkaji sejauh mana aktualisasi perannya dalam konteks pembelajaran di lingkungan pendidikan Islam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggali dan menganalisis peran mata kuliah Bahasa Inggris bagi mahasiswa serta bagaimana pengajaran Bahasa Inggris dapat mendukung penguasaan ilmu pengetahuan dan keterampilan komunikasi global. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode pengamatan lapangan yang melibatkan wawancara mendalam dan observasi terhadap mahasiswa yang mengikuti perkuliahan Bahasa Inggris. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mata kuliah Bahasa Inggris memiliki peran penting dalam meningkatkan keterampilan bahasa mahasiswa, mendukung pemahaman materi akademik, serta membuka peluang komunikasi internasional. Namun, masih terdapat kebutuhan untuk penyesuaian kurikulum agar lebih relevan dengan konteks mahasiswa di Institut Pembina Rohani Islam Jakarta. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam pengembangan kurikulum Bahasa Inggris di institusi pendidikan Islam.</p>2024-11-30T00:00:00+07:00Hak Cipta (c) 2024 ALKOSIMI: Aksi dan Kontribusi Sosial untuk Masyarakat Inklusifhttps://ejournal.iprija.ac.id/index.php/AlKosimi/article/view/108Esensi dan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam di SMA Darussalam, Depok2024-12-21T12:38:47+07:00Slamet Munawarsmunawar@gmail.comAlvi Maulanaalvigmc@gmail.com<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji esensi dan pengembangan kurikulum pendidikan Islam di SMA Darussalam, Depok, dengan fokus pada bagaimana kurikulum tersebut dirancang, diterapkan, dan dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan pendidikan yang berbasis nilai-nilai Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus yang dilakukan di SMA Darussalam, Depok. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi terhadap pihak-pihak terkait, seperti kepala sekolah, guru, dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kurikulum pendidikan Islam di SMA Darussalam memiliki peran penting dalam membentuk karakter siswa dengan menekankan pada integrasi antara ilmu pengetahuan dan nilai-nilai Islam. Pengembangan kurikulum dilakukan dengan memperhatikan perkembangan zaman dan kebutuhan peserta didik, serta berupaya untuk menciptakan keseimbangan antara aspek akademik dan moral. Meskipun demikian, masih terdapat tantangan dalam implementasi dan evaluasi kurikulum yang perlu diperbaiki untuk lebih meningkatkan efektivitasnya. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap pengembangan kurikulum pendidikan Islam yang lebih relevan dan efektif di sekolah-sekolah Islam di Indonesia.</p>2024-11-30T00:00:00+07:00Hak Cipta (c) 2024 ALKOSIMI: Aksi dan Kontribusi Sosial untuk Masyarakat Inklusifhttps://ejournal.iprija.ac.id/index.php/AlKosimi/article/view/96Pembelajaran Hafalan Al-Qur’an Dengan Metode Tikror Dalam Mengembangkan Karakter Religius Siswa SMK Muhammadiyah Adiwerna2024-11-27T11:54:28+07:00Ali Ridhoaliridho7558@gmail.comSeipah Kardipahseipahk@gmail.comHesti Kusumaningrumhesti.kusumaningrum@uinjkt.ac.id<p>Salah satu cara untuk menanggulangi persoalan remaja adalah dengan menanamkan karakter spiritual pada remaja masa kini dengan memberikan pembelajaran hafalan Al-Qur’an melalui metode tikror. SMK Muhammadiyah di desa Ujungrusi Kecamatan Adiwerna Kabupaten Tegal mengadakan kegiatan hafalan Al-Qur’an untuk untuk menanamkan karakter religius melalui hafalan Al-Qur’an dengan metode tikror. Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan efektifitas pembelajaran hafalan Al-Qur’an dengan metode tikror terhadap pengembangan karakter spiritual siswa SMK Muhammadiyah Adiwerna. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa pembelajaran hafalan Al-Qur’an dengan metode tikror terbukti efektif dalam menanamkan dan mengembangkan karakter religius siswa SMK Muhammadiyah Adiwerna. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya perubahan sikap siswa yang semakin baik dan disiplin dalam belajar, guru di sekolah juga mencatat perkembangan psikologi siswa lewat rapot hasil belajar siswa yang menunjukkan perubahan sikap baik.</p>2024-11-30T00:00:00+07:00Hak Cipta (c) 2024 ALKOSIMI: Aksi dan Kontribusi Sosial untuk Masyarakat Inklusifhttps://ejournal.iprija.ac.id/index.php/AlKosimi/article/view/77Sosialisasi Kader Pendamping Ketahanan Keluarga Untuk Mewujudkan Kelurahan Ramah Perempuan dan Peduli Anak di Kota Pekalongan2024-11-05T10:34:12+07:00Arina SafitriArntfsa@gmail.comMarina Ryan 1Ryanmarina@gmail.comBilal Muhamad 3Muhamadbilal@yahoo.comNisa Olivia Tetria 4OliviaTetria@gmail.comRofiah Nova LestariLestari1@gmail.comMaei Lita PutriPutri12@gmail.comFaridatun AnidaAnida343@gmail.com<p>Artikel ini membahas mengenai sosialisasi kader pendamping ketahanan keluarga yang dilaksanakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan dan Perlindungan Anak (DPMPPA) melalui bidang Pemberdayaan Perempuan, Pemenuhan Hak Anak dan Perlindungan Perempuan dan Anak (P3HAPPA). Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan ketahanan keluarga dalam menghadapi isu kekerasaan dalam rumah tangga (KDRT) dan pernikahan anak. Dengan melibatkan 50 peserta dari berbagai keluraham dan kecamatan, sosialisasi ini terdapat materi mengenai peningkatan kualitas keluarga dan pengasuhan positif di era modern. Kegiatan ini dibuka oleh kepala DPMPPA dan diisi oleh narasumber dari kementrian agama serta psikolog dari PUSPAGA. Melalui diskusi interaktif, kegiatan ini dapat memberdayakan kader sebagai agen perubahan yang peduli terhadap perempuan dan anak, serta menciptakan lingkungan yang ramah perempuan dan anak di Kota Pekalongan.</p>2024-11-30T00:00:00+07:00Hak Cipta (c) 2024 ALKOSIMI: Aksi dan Kontribusi Sosial untuk Masyarakat Inklusif