Teknik Komunikasi Persuasif

Studi Channel Youtube Munzalan TV Official "Allah Ajarkan Jalan Rezeki Berlipat Ganda!"

Penulis

  • Ayu UIN Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.59109/addawah.v23i2.146

Kata Kunci:

Komunikasi Persuasif, Youtube, Aristoteles

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis teknik komunikasi persuasif yang digunakan Ustadz Luqmanul Hakim dalam ceramah di Channel YouTube Munzalan TV Official berjudul “Allah Ajarkan Jalan Rezeki Berlipat Ganda!” Penelitian menggunakan metode analisis isi kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data diperoleh melalui transkrip video ceramah yang kemudian dianalisis berdasarkan teori retorika Aristoteles meliputi ethos, pathos, dan logos. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemateri berhasil memadukan ketiga aspek tersebut secara harmonis: ethos tampak dari kredibilitas dan keteladanan dakwahnya, pathos muncul melalui sentuhan emosional dan bahasa akrab, sedangkan logos terlihat dari argumentasi logis yang bersumber dari Al-Qur’an dan hadis. Penerapan teknik persuasif ini menjadikan pesan dakwah tidak hanya informatif, tetapi juga inspiratif dan mendorong perubahan perilaku pemirsanya. 

Referensi

Abdullah. 2009. “Retorika dan Dakwah Islam.” Jurnal Dakwah 10, no. 1: 126–128.

Alaika, N. 2016. “Retorika Dakwah dalam Perspektif Tafsir al-Qur’an.” Jurnal Darussalam 8, no. 1: 45–60.

Al-Qurtuby, S. 2016. “Islamic Preaching and Online Da'wah in Indonesia.” International Journal of Cyber Criminology 10, no. 1: 35–54.

Basa Basi. 2024. Retorika Seni Berbicara Aristoteles. Yogyakarta: Basabasi.

Bonaraja. 2020. Pengantar Ilmu Komunikasi. Medan: Yayasan Kita Menulis

CNBC Indonesia. 2025. “Singapura-Malaysia Minggir, Indonesia Jadi Raja Asia Tenggara.” CNBC Indonesia, 10 Juni 2025. Diakses dari https://www.cnbcindonesia.com/tech/20250610151027-37-639752/singapura-malaysia-minggir-indonesia-jadi-raja-asia-tenggara

Diah, T. 2023. “Prinsip dan Etika Komunikasi Dakwah.” Jurnal Komunikasi dan Media 2, no. 2: 193.

Effendy, Onong Uchjana. 2003. Ilmu Komunikasi: Teori dan Praktek. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Eriyanto. 2011. Analisis Isi: Pengantar Metodologi untuk Penelitian Ilmu Komunikasi. Jakarta: Kencana.

Hendriyani. 2013. “Analisis Isi: Sebuah Pengantar Metodologi yang Mendalam.” Jurnal Komunikasi Indonesia 2, no. 1: 64.

Ibnu Kasir. 2024. “Peran Dakwah Digital dalam Menyebarkan Pesan Islam di Era Modern.” Jurnal An-Nasyr 11, no. 1: 59.

Laili, Nazilatul. 2023. “Dakwah melalui Platform YouTube di Era Digital.” Jurnal Ilmiah Keislaman dan Kemasyarakatan 21, no. 2: 156.

Masjid Kapal Munzalan. n.d. “Pendiri Masjid Kapal Munzalan.” Diakses dari https://masjidkapalmunzalan.id/pendiri/.

Masjid Kapal Munzalan. n.d. “Profil Masjid Kapal Munzalan.” Diakses dari https://masjidkapalmunzalan.id/profil/.

Moleong, Lexy J. 2019. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Muhamad, Muhamad. "Divine Meritocracy and Social Trials:: An Interdisciplinary Exegesis of Surah Al-An ‘ām, Verse 165." YAHDIFA: Jurnal Akademik Humaniora Diskursus Interdisiplin Fundamental Agama 1.1 (2025): 56-74.

Nala Prasasta. 2022. “Pengaruh Sosial Media YouTube terhadap Perilaku Literasi Siswa SMA Hutama.” Jurnal Ilmu Komunikasi 5, no. 1: 68.

Neng Siti. 2023. “Peran Sosial Media atas Perilaku Konsumtif Belanja.” Jurnal Riset Ilmiah 2, no. 3: 685.

Petty, Richard E., dan John T. Cacioppo. 1986. The Elaboration Likelihood Model of Persuasion. New York: Academic Press.

Suharto. 2014. “Efektivitas Komunikasi Dakwah.” Al-Mishbah 10, no. 1: 40.

Suhra, Wardi. 2025. “Manajemen Masjid Kapal Munzalan dalam Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat.” Jurnal Kajian Manajemen Dakwah 7, no. 1: 75

BeritaAlternatif. 2022. “Kalimantan Barat, Provinsi Seribu Sungai di Tanah Borneo.” BeritaAlternatif, 29 Juni 2022. Diakses dari https://www.beritaalternatif.com/kalimantan-barat/.

Unduhan

Diterbitkan

2025-10-13

Cara Mengutip

Ayu. (2025). Teknik Komunikasi Persuasif: Studi Channel Youtube Munzalan TV Official "Allah Ajarkan Jalan Rezeki Berlipat Ganda!". Ad-DA’WAH, 23(2), 19–35. https://doi.org/10.59109/addawah.v23i2.146