Pengaruh Media Dakwah Terhadap Motivasi Keislaman Peserta Didik di MTs 29 Jakarta
DOI:
https://doi.org/10.59109/addawah.v22i1.57Kata Kunci:
Media Dakwah, Motivasi Dakwah, Siswa IslamAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh media dakwah terhadap motivasi keislaman peserta didik di MTs 29 Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan desain penelitian korelasional. Sampel penelitian ini adalah peserta didik MTs 29 Jakarta yang berjumlah 605 responden, yang terdiri dari laki-laki 269 dan perempuan 336 siswa. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner untuk mengukur penggunaan media dakwah dan tingkat motivasi keislaman peserta didik. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan teknik analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif dan negatif dengan penggunaan media dakwah dengan motivasi keislaman peserta didik di MTs 29 Jakarta. Implikasi dari penelitian ini adalah pentingnya peran media dakwah dalam meningkatkan motivasi keislaman peserta didik di institusi pendidikan Islam. Penelitian ini juga memberikan masukan bagi pihak terkait untuk lebih memperhatikan penggunaan media dakwah sebagai salah satu sarana untuk meningkatkan motivasi keislaman peserta didik.
Referensi
Abdullah, M. Amin. “Mendialogkan Nalar Agama Dan Sains Modern Di Tengah Pandemi Covid-19.” Maarif 15, no. 1 (2020): 11–39. https://doi.org/10.47651/mrf.v15i1.75.
Amri, Andi. “Pengaruh Periklanan Melalui Media Sosial Terhadap UMKM Di Indonesia Di Masa PAndemi.” Jurnal Brand 2, no. 1 (2020): 123–30. https://www.academia.edu/42672824/Dampak_Covid-19_Terhadap_UMKM_di_Indonesia.
Asiah, Sintya, Rahmi Habibah, Asrizal, and Ahmad Fauzi. “Meta-Analisis Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Abad 21 Siswa.” Nautical : Jurnal Ilmiah Multidisplin 2(9), no. 9 (2023): 1–10.
Budiman, Haris. “Pengaruh Model Pembelajaran Sains-Teknologi-Masyarakat Dalam Meningkatkan Literasi Sains Dan Teknologi Ditinjau Dari Gaya Kognitif Siswa.” Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam 8 (2017): 75–83. https://media.neliti.com/media/publications/177430-ID-peran-teknologi-informasi-dan-komunikasi.pdf.
Ellya Novera, Daharnis, Yeni Erita, Ahmad Fauzan. “Pendidikan Pancasila Sebagai Upaya Membentuk Upaya Karakter Religus.” Jurnal Basicedu 5, no. 6 (2021): 6349_6356.
Fahri, mohammad, Ahmad zainuri. “Moderasi Beragama Di Indonesia.” Intizar 13, no. 5 (2022): 451.
Fatimah, Fatimah, and Endah Winarti. “Integrasi Imtak Dan Iptek: Landasan Dan Faktor Kunci Sukses Penerapannya Dalam Pendidikan Islam.” Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Ilmiah 7, no. 2 (2022): 149–66. https://doi.org/10.55187/tarjpi.v7i2.5050.
Irawan, Deni, and Suriadi Suriadi. “Komunikasi Dakwah Kultural Di Era Millennial.” Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah 18, no. 2 (2020): 90–101. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v18i2.3383.
Kezia Mutia, Ivana. “Kesiapan Guru Dalam Menghadapi Tantangan Pendidikan Di Bidang IPTEK.” Jurnal Basicedu 5, no. 5 (2020): 3(2), 524–32. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971.
Madhakomala, R., Muhammad Farhan Ramadhan, Rachmah Fourdiana, and Qanitah Dzakiyyah Pariz. “Pendekatan Transdisiplinaritas IPTEK, Agama, Dan Paradigma Baru Dalam Pedagogik.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 4, no. 4 (2022): 5091–97. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3050.
Mery, Mery, Martono Martono, Siti Halidjah, and Agung Hartoyo. “Sinergi Peserta Didik Dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.” Jurnal Basicedu 6, no. 5 (2022): 7840–49. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3617.
Mutmainah, Mutmainah. “Memanfaatkan ‘Podcast’ Sebagai Strategi Dakwah Di Era Disrupsi : Analisis Peluang Dan Tantangan.” Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP) 6, no. 4 (2023): 2231–40. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp/article/view/21691.
Muzzammil, Faisal. “MODERASI DAKWAH DI ERA DISRUPSI (Studi Tentang Dakwah Moderat Di Youtube).” Tatar Pasundan: Jurnal Diklat Keagamaan 15, no. 2 (2021): 109–29. https://doi.org/10.38075/tp.v15i2.175.
Parjaman, Tatang, and Dede Akhmad. “Pendekatan Penelitian Kombinasi; Sebagai ‘Jalan Tengah’ Atas Dikotomi Kuantitatif-Kualitatif.” Jurnal Moderat 5, no. 4 (2019): 530–48. https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/moderat.
Putra, Zulfikar. “Implementasi Pendidikan Pancasila Sebagai Character Building Mahasiswa Di Universitas Sembilanbelas November Kolaka.” Jurnal Citizenship: Media Publikasi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan 1, no. 1 (2018): 9. https://doi.org/10.12928/citizenship.v1i1.9515.
Rustandi, L. Rudy. “Disrupsi Nilai Keagamaan Dalam Dakwah Virtual Di Media Sosial Sebagai Komodifikasi Agama Di Era Digital.” SANGKéP: Jurnal Kajian Sosial Keagamaan 3, no. 1 (2020): 23–34. https://doi.org/10.20414/sangkep.v3i1.1036.
Sholichah, Aas Siti. “TEORI-TEORI PENDIDIKAN DALAM AL-QUR’AN.” Edukasi Islami : Jurnal Pendidikan Islam 7, no. 01 (April 16, 2018): 23. https://doi.org/10.30868/ei.v7i01.209.
Siane Kesia, Jois. “Negara Maju, Perkembangan IPTEK Pesat Tetapi Membawa Malapetaka Dilihat Dari Sudut Pandang Teori Nietzsche Dan Aristoteles.” IPTEK, no. 41415009 (2019).
Sipuan, Sipuan, Idi Warsah, Alfauzan Amin, and Adisel Adisel. “Pendekatan Pendidikan Multikultural.” Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal 8, no. 2 (May 6, 2022): 815. https://doi.org/10.37905/aksara.8.2.815-830.2022.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 M. Tamsil Muin

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.