Pembelajaran PAI Abad 21

Menghadapi Tantangan dan Memanfaatkan Peluang untuk Meningkatkan Keterampilan 4C

Penulis

  • Yuliani UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

PAI, Keterampilan 4C, Abad 21

Abstrak

Penelitian ini membahas tantangan dan peluang implementasi keterampilan abad 21 (4C: kreativitas, berpikir kritis, kolaborasi, dan inovasi) dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Indonesia. Dengan menggunakan metode studi pustaka, penelitian ini menganalisis literatur terkait dan mengidentifikasi kendala utama, seperti keterbatasan kompetensi guru, akses teknologi, serta beban administratif. Namun, terdapat peluang besar melalui integrasi teknologi digital, penerapan pembelajaran berbasis masalah, dan kebijakan Merdeka Belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sinergi antara pemerintah, lembaga pendidikan, dan pemangku kepentingan diperlukan untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran PAI. Penelitian ini memberikan dasar bagi studi lanjutan tentang strategi inovatif untuk mengembangkan keterampilan 4C, memastikan relevansi PAI dalam konteks global tanpa kehilangan nilai spiritualnya.

Referensi

Azizah, N. (2021). "Efektivitas Media Visual dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam." Jurnal Pendidikan Islam, 16(3), 89-102.

Brookhart, S. M. (2010). How to Assess Higher-Order Thinking Skills in Your Classroom. ASCD.

Firmansyah, F. (2020). "Implementasi Pendidikan 4.0 di Sekolah Menengah: Tantangan dan Solusi." Jurnal Pendidikan Indonesia, 9(1), 45-57.

Hamid, R., & Salim, M. (2022). "Implementasi Kurikulum Fleksibel dalam Pendidikan Berbasis Proyek." Jurnal Kebijakan Pendidikan, 12(3), 67-80.

Hamzah, A., et al. (2023). "Infrastruktur Pendidikan untuk Daerah Tertinggal." Jurnal Pendidikan Pembangunan, 18(1), 45-60.

Kartika, W. (2021). "Tantangan Integrasi Teknologi dalam Pendidikan Agama di Indonesia." Jurnal Teknologi Pendidikan, 14(2), 85-97.

Kemendikbud. (2019). Kebijakan Merdeka Belajar dan Implementasinya di Sekolah. Jakarta: Kemendikbud.

Kemendikbud. (2021). Evaluasi Program Merdeka Belajar: Inovasi dalam Pembelajaran. Jakarta: Kemendikbud.

Hasanah, L., & Setiawan, D. (2022). "Sinergi Kebijakan dan Pelatihan Guru dalam Mendukung Pendidikan Inovatif." Jurnal Pendidikan Nasional, 14(4), 123-138.

Irfan, Ahmad, et al. "Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Bagi Peserta Dauroh Shoifiyah Darul Musthafa, Tarim, Yaman." Tadarus Tarbawy: Jurnal Kajian Islam dan Pendidikan 5.2 (2023).

Mishra, P., & Koehler, M. J. (2006). "Technological Pedagogical Content Knowledge: A Framework for Teacher Knowledge." Teachers College Record, 108(6), 1017–1054.

Mulyadi, A. (2022). "Kolaborasi Lintas Disiplin dalam Pembelajaran Islam." Jurnal Studi Pendidikan Islam, 20(1), 99-115.

Prasetyo, D., & Dewi, F. (2021). "Akses Pendidikan di Daerah 3T: Studi Infrastruktur dan Teknologi." Jurnal Pendidikan Daerah, 12(1), 12-25.

Rahayu, S. (2020). "Kurikulum dan Pengembangan Keterampilan Abad 21 di Sekolah Indonesia." Jurnal Kurikulum Pendidikan, 8(3), 45-58.

Rohimah, F., & Andayani, S. (2020). "Budaya Mengajar dan Inovasi dalam Pendidikan Islam." Jurnal Pendidikan Islam Modern, 10(1), 57-70.

Rachman, H., et al. (2021). "Pemanfaatan Teknologi Digital dalam Pembelajaran Agama." Jurnal Pendidikan Digital, 15(2), 45-63.

Rahman, T., et al. (2022). "Implementasi Pembelajaran Kolaboratif Lintas Mata Pelajaran." Jurnal Inovasi Pendidikan Islam, 19(2), 100-117.

Santoso, B., & Kurniawan, A. (2022). "Optimalisasi Teknologi Sederhana di Sekolah Terpencil." Jurnal Teknologi Pendidikan, 18(2), 123-138.

Sani, R. A. (2019). Pembelajaran Berbasis Keterampilan Abad 21. Jakarta: Bumi Aksara.

Sari, F., & Hidayat, A. (2021). "Tantangan dan Peluang Implementasi Pembelajaran Abad 21 di Indonesia." Jurnal Inovasi Pendidikan, 8(1), 45-60.

Suryana, A. (2022). "Kesenjangan Digital dalam Pendidikan Daerah Terpencil." Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 5(2), 67-80.

Widiasari, D., & Putri, S. (2021). "Peningkatan Kompetensi Guru dalam Pembelajaran Abad 21." Jurnal Pelatihan Guru, 11(3), 45-56.

Widodo, A. (2020). "Efektivitas Media Interaktif dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam." Jurnal Pendidikan Islam, 15(4), 78-91.

Zainudin, M., et al. (2021). "Model Pembelajaran Kolaboratif Berbasis Masalah dalam Pendidikan Islam." Jurnal Studi Islam, 22(2), 133-145.

Trilling, B., & Fadel, C. (2009). 21st Century Skills: Learning for Life in Our Times. San Francisco: Jossey-Bass.

Vygotsky, L. S. (1978). Mind in Society: The Development of Higher Psychological Processes. Cambridge: Harvard University Press.

Unduhan

Diterbitkan

2025-02-20

Cara Mengutip

Yuliani. (2025). Pembelajaran PAI Abad 21: Menghadapi Tantangan dan Memanfaatkan Peluang untuk Meningkatkan Keterampilan 4C. AL-IED : Actual Learning and Islamic Education, 1(1), 41–47. Diambil dari https://ejournal.iprija.ac.id/index.php/al-ied/article/view/92