Dakwah Multikultural Dalam Lembaga Pendidikan

Penulis

  • Tanuri Institut Pembina Rohani Islam Jakarta (IPRIJA)

Kata Kunci:

Pendidikan, multikultural, al-Qur’an

Abstrak

Temuan dari riset ini menegaskan bahwa pendidikan multikultural dalam tinjauan al-Qur’an tidak bertentangan dengan  sistem  Islam dalam segala aspeknya dan terutama sekali Islam sebagai sumber hukum. Perbedaan yang ada justru sebagai  aset bagi  para cendekiawan untuk mengkajinya, sebagaimana sebuah diskursus ilmu pengetahuan. Melalui pendidikan multikultural, diharapkan setiap individu maupun golongan untuk menerima dan mengapresiasi perbedaan yang ada, hidup berdampingan secara harmonis agar tercipta masyarakat yang penuh damai dan bangsa yang  bersatu. Penemuan menarik lainnya pada riset ini bahwa  Islam mengajarkan pentingnya persatuan, persaudaraan, penghargaan terhadap keanekaragaman, adanya penghormatan terhadap nilai-nilai kemanusiaan, ingin membentuk masyarakat harmonis dan adil serta pentingnya menghargai semua orang  Faktanya, beberapa karakteristik dibentuk dengan ayat- ayat Al-Qur’an dan tafsir sebagai referensi yang menunjukan konsep pendidikan multikultural sejajar dengan pegajaran Islam mengatur struktur umat manusia yang hidup di bumi khususnya dalam konteks pendidikan.

Unduhan

Diterbitkan

2023-09-01

Cara Mengutip

Tanuri. (2023). Dakwah Multikultural Dalam Lembaga Pendidikan . Ad-DA’WAH, 21(2), 83–96. Diambil dari http://ejournal.iprija.ac.id/index.php/Ad-DAWAH/article/view/50