Transformasi Karakter Qurani: Tinjauan Materi Dakwah
DOI:
https://doi.org/10.59109/addawah.v22i2.75Kata Kunci:
karakter Qurani, dakwah Islam, nilai pendidikan karakter, akhlak, nilai moralAbstrak
Penelitian ini membahas pembentukan karakter Qurani melalui dakwah Islam dan hubungannya dengan nilai-nilai pendidikan karakter yang ditetapkan oleh Pemerintah. Al-Qur'an mengajarkan bahwa akhlak terhadap Allah dan Rasulullah menjadi dasar utama dalam membentuk karakter mulia, yang tercermin dalam hubungan sosial. Melalui dakwah berbasis ajaran Qurani, nilai-nilai seperti religiusitas, kejujuran, toleransi, disiplin, dan tanggung jawab dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan pendekatan kualitatif dan analisis deskriptif, penelitian ini mengkaji materi dakwah yang mencakup teks Al-Qur'an serta dakwah melalui ceramah, buku, dan media digital. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa dakwah Islam tidak hanya membentuk karakter spiritual, tetapi juga memperkuat nilai-nilai moral yang mendukung pengembangan karakter dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk rasa ingin tahu, kreativitas, kepedulian lingkungan, dan semangat kebangsaan.
Referensi
Abdullah Nashih Ulwan, Tarbiyatul Aulad fil-Islam, terj. Saifullah, Kamalie dan Hery Noer Ali, “Pedoman Pendidikan anak dalam Islam”, Semarang : Asy-Syifa’, Jilid II, t.th,
Abdurrahman ‘Isawi, Anak dalam Keluarga, Jakarta : Studia Press, Edisi II, 1994
Ahmad Amin. (1995). Etika (Ilmu Akhlak). Terj. oleh Farid Ma’ruf. Jakarta: Bulan Bintang. Cet. VIII.
Ainain, Ali Khalil Abu. (1985). Falsafah al-Tarbiyah fi al-Quran al-Karim. T.tp.:Dar al-Fikr al-‘Arabiy.
Al-Maududi, Abul A’la. (1984). Al-Khilafah wa al-Mulk. Terj. Oleh Muhammad Al-Baqir. Bandung: Mizan.
Azis Mushoffa dan Imam Musbikin, Sepasang Burung dan Nabi Sulaiman, Yogyakarta: Mitra Pustaka, Cetakan I, 2001
Departemen Agama RI, Alqur’an dan Terjemahnya, Yayasan Penyelenggara Penerjemah/Penafsir Al-qur’an Depag RI
Doni Koesoema A. (2007). Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak di Zaman Hawa, Sa’id. (1977).
Elizabeth B. hurlock, t.t. Terj. Med.Meitasari Tjandrasa, “Perkembangan Anak”, Jakarta: Erlangga, jilid II, 1999,
Haya Binti Mubarok al-Barik, Mausu’ah al-Mar’atul Muslimah, terj. Amir Hamzah Fachrudin, “Ensiklopedi Wanita Muslimah”, Jakarta: Darul Falah, Cet. IV, 1998
Imam Muslim, Sahih Muslim, juz IV, Lebanon : Dar al-Kutbi al-Ilmiah, t.th,
Lickona, Thomas. (1991). Educating for Character: How Our School Can Teach
Muhamad. “Refleksi Penafsiran Ayat-ayat Dakwah Thomas McElwain.” Ad-DA’WAH 21, no. 1 (20 Februari 2023): 12–25. https://doi.org/10.59109/addawah.v21i1.37.
Muhammad ‘Ali Quthb, Auladuna fi-Dlaw-it Tarbiyyatil Islamiyah, Terj. Bahrun Abu Bakar Ihsan, “Sang Anak dalam Naungan Pendidikan Islam”, Bandung : Diponegoro, Cetakan II, 1993
Muhammad Ali al-Hasyimi, The Ideal Muslimah the True Islamic Personality of The Muslim Woman as Defined in The Qur’an and sunnah, Terj. Fungky Kusnaedi Timur, “Muslimah Ideal pribadi Islami dalam al-Qur’an dan as-Sunnah”, Yogyakarta : Mitra Pustaka, Cetakan I, 2000.
Muhammad Quthb, t.t, Terj. Salman Harun “Sistem Pendidikan Islam”, Bandung: Ma-arif, 1993
Practical Ways to Bring Moral Instruction to Life. San Francisco: Jossey Bass.
Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Kamus Bahasa Indonesia.
Pusat Kurikulum Departemen Pendidikan Nasional, 2010
Ryan, Kevin & Karen E. Bohlin. (1999). Building Character in Schools:
Shihab, M. Quraish. (1996). Wawasan Al-Qur’an. Bandung: Mizan.
Sunan at-Tirmidzi, al-Jami’us Sahih, Lebanon : Dar al-Kutbi, Juz IV, t.th http://www.good character.com/Article-4.html
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 zaenal arifin

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.