Pendidikan Karakter dan Dakwah Dalam Kisah Luqman Al-Hakim Perpektif Tafsir Tematik

Penulis

  • Zamroni Wafa

DOI:

https://doi.org/10.59109/addawah.v21i1.36

Kata Kunci:

Pendidikan Karakter, Luqman al-Hakim, Tafsir Tematik

Abstrak

Kisah Luqman al-Hakim dalam al-Quran mengandung banyak pelajaran yang penuh hikmah. Substansi berisi tauhid, pengajaran ayah yang mulia tentang norma dan tata cara berhubungan dengan keluarga dan masyarakat luas. Tujuan dari riset ini adalah memahami nilai-nilai karakter yang terdapat dalam al-Qur’an agar bisa diaplikasikan kepada peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan kajian kepustakaan (library research). Analisis data menggunakan teknik analisis isi (content analysis). Instrumen dalam penelitian ini adalah dokumentasi yang diambil dari Al Qur’an, as-Sunnah, buku-buku, kitab-kitab muktabar, jurnal, dan ensiklopedia. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam Surah Luqman ayat 12-19 meliputi tiga aspek, yakni pendidikan aqidah, pendidikan syariah, dan pendidikan akhlak.

Referensi

Abdurrahman bin Nashir as-Sa’di, Pent. Muhammad Iqbal... [et al], Taisir al-Karim ar-Rahman fi Tafsir kalam al-Mannan, Jakarta: Pustaka Sahifa, 2007.

Abuddin Nata, Akhlak Tasawuf dan Karakter Mulia, Jakarta: Rajawali Pers, 2015.

Adib Bisri dan KH Munawir A. Fatah, Kamus Al-Bisri, Surabaya: Pustaka Progressif, 1999. Endang Saifudin Ansari, Wawasan Islam, Bandung: Pelajar, 1982.

Al Musanna, Revitalisasi Kurikulum Muatan Lokal Untuk Pendidikan Karakter Melalui Evaluasi Responsif, Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Volume 16 Edisi khusus III, Oktober 2010, Balitbang Kementerian Pendidikan Nasional.

Al-Bukhari, Abu Abdillah bin Abdullah bin Muhammad bin Ismail bin Ibrahim bin Mughirah bin Bardizbah, Sahih Al-Bukhari,Beirut: Dar al-Kutub al-Ilmiyah, tth.

Al-Maragi, Ahmad Mustofa, Pent. Abubakar, Bahrun...[et al], Tafsir Al-Maragi, Semarang: Karya Toha Putra, 1992.

Bambang Q-Annes & Adang Hambali, Pendidikan Karakter Berbasis Qur’ani, Bandung: Simbiosa Rekatama Media, 2008.

bin Abdullah Alhadi, Muhamad, dan Najwaa Chadeeja Alhady. “Islam Nusantara dan Gagasan Membumikan Islam; Respon Atas Perubahan Sosial dan Kebhinnekaan.” SALAM: Jurnal Sosial dan Budaya Syar-i 7.2 (2020): 117-130

Buya Hamka, Tafsir Al-Azhar, Jakarta: Putra Panjimas, 2006.

Donni Koesoema A, Pendidikan Karakter di Zaman Keblinger, Mengembangkan Visi Guru Sebagai Pelaku Perubahan dan Pendidikan Karakter, Jakarta: Grasindo, 2009.

Howard, Marvin W. Berkowitz, dan Esther f. Schaeffer, Politic Of Character Education, Article, SEGA, Jornal Education Policy, January and March 2004.

https://media.neliti.com/media/publications/69180-ID-pendidikan-karakter-dalam-perspektif-isl.pdf, diakses tanggal 30 September 2021

https://media.neliti.com/media/publications/69180-ID-pendidikan-karakter-dalam-perspektif-isl.pdf, diakses tanggal 30 September 2021

https://republika.co.id/berita/lm4f4q/keteladanan-dalam-mendidik-anak, diakses tanggal 30 September 2021

https://www.dqlab.id/mengenal-komponen-teknik-analisis-data-deskriptif-kualitatif diunduh 2 Februari 2023

https://www.gurusiana.id/read/zakiahdaradjat/article/pendidikan-3634852 diunduh tanggal 12 Februari 2023

https://www.maxmanroe.com/vid/umum/pengertian-pendidikan.html diunduh tanggal 12 Februari 2023

Ibnu Katsir, Pent. Arif Rahman...[et al], Tafsir Ibnu Katsir, Sukoharjo: Penerbit Insan Kamil, 2016.

Imam Ahmad bin Hambal, Musnad Imam Ahmad bin Hanbal, Beirut: Dar al-Fikr, 1991.

Jalaluddin, Psikologi Agama, Jakarta: Rajawali Pers, 2011.

------------, Teologi Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2003.

Jamal Abdurrahman, Islamic Parenting: Pendidikan Anak Metode Nabi, Pent. Agus Suwandi, Solo: Aqwam, 2010.

Johansyah, Pendidikan Karakter dalam Islam; Kajian dari Aspek Metodologis, https://jurnal.ar-raniry.ac.id Volume XI, No. 1, Agustus 2011

M. Amin Syukur, Studi Akhlak, Semarang: Wali Songo Press, 2010.

M. Quraish Shihab, Secercah Cahaya Ilahi Hidup Bersama Al-Qur’an, Bandung: Mizan, 2001.

----------------------, Tafsir Al-Misbah: Pesan, Kesan, dan Keserasian Al-Quran, Jakarta: Lentera Hati, 2002.

Majdi Muhammad Asy-Syahawi, Pent. Abdul Hayyie Al-Kattani, Machmudi Mukson, Pesan-pesan Bijak Luqmanul Hakim, Jakarta: Gema Insani Press, 2005.

Masnur Muslich, Pendidikan Karakter, Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional, Jakarta: Bumi Aksara, 2011.

Mohammad Daud Ali, Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Raja Grafindo, 1998.

Muhammad Athiyyah al-Abrasyi, Dasar-dasar Pendidikan Islam, Jakarta: Bulan Bintang, 1994.

Muhammad bin Ibrahim Al-Hamd & Hamd Hasan Raqith, Koreksi Kesalahan Mendidik Anak, Pent. Muhammad Muhtadi, Solo: Kiswah Media, 2011.

Netty Hartati, Islam & Psikologi, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2005.

Nurchaili, Membangun Karakter Siswa Melalui Keteladanan Guru, Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Volume 16 Edisi khusus III, Oktober 2010, Balitbang Kementerian Pendidikan Nasional.

Nurcholish Madjid, Pintu-pintu Menuju Tuhan, Jakarta: Paramadina, 2004).

Oos M. Anwas, Televisi Mendidik Karakter Bangsa: Harapan dan Tantangan, Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Volume 16 Edisi khusus III, Oktober 2010, Balitbang Kementerian Pendidikan Nasional.

Rosihon Anwar, Akidah Akhlak, Bandung: Pustaka Setia, 2008.

Said Aqil Siraj, Tasawuf Sebagai Kritik Sosial: Mengedepankan Islam Sebagai Inspirasi Bukan Aspirasi, Jakarta: Pustaka Irvan, 2009.

Sri Judiani, Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Melalui Pengamatan Pelaksanaan Kurikulum, Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Volume 16 Edisi khusus III, Oktober 2010, Balitbang Kementerian Pendidikan Nasional.

Umar Bin Ahmad Baraja, Akhlak lil Banin, Surabaya: Ahmad Nabhan, t.th.

W. Poespoprodjo, Filsafat moral, Bandung: Pustaka Grafika, 1999.

Unduhan

Diterbitkan

2023-02-20

Cara Mengutip

Wafa, Z. (2023). Pendidikan Karakter dan Dakwah Dalam Kisah Luqman Al-Hakim Perpektif Tafsir Tematik. Ad-DA’WAH, 21(1), 52–69. https://doi.org/10.59109/addawah.v21i1.36