Pendidikan Karakter Era Disrupsi Perspektif Psikologi Sosial
Materi Bimbingan Masyarakat Kelurahan Leuwinanggung
Kata Kunci:
Pendidikan Karakter, Era Disrupsi, Peserta DidikAbstrak
Pada era disrupsi, teknologi informasi dan komunikasi telah merubah aspek kehidupan sosial. Masyarakat menghadapi tantangan besar untuk beradaptasi dengan perubahan ini. Hal tersebut juga merubah pola hidup, komunikasi, serta nilai sosial. Untuk mengembalikan masyarakat pada nilai sosial yang baik, pendekatan pendidikan karakter Islam sangat penting. Pendekatan ini tidak fokus pada akademik saja, tetapi juga pengembangan karakter peserta didik. Dari perspektif psikologi, individu merupakan bagian yang tak terpisahkan dari masyarakat. Pendidikan karakter Islam mencakup nilai, etika, norma, dan sikap positif lainnya untuk meningkatkan nilai sosial masyarakat. Metode penelitian kualitatif menggunakan cara pengumpulan data melalui observasi, wawancara, studi pustaka, diskusi kelompok, catatan, dan dokumen resmi. Pendidikan karakter Islam bertujuan untuk mengembangkan potensi masyarakat secara fisik dan spiritual agar menjadi pribadi yang baik.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 ALKOSIMI: Aksi dan Kontribusi Sosial untuk Masyarakat Inklusif

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.