Pendidikan Karakter Era Disrupsi Perspektif Psikologi Sosial

Materi Bimbingan Masyarakat Kelurahan Leuwinanggung

Penulis

  • Asyifa Riasa
  • Nurhashina Chusnul Halilah
  • Hesti Herawati
  • Nur Alfiyani Arfandi
  • Ujang Suryaman
  • Enday Nursamsudin
  • Iswandi
  • Fenti Trisnawati
  • Masiyah
  • Neneng Sayidah
  • Genta Hanggoro Wiraprakoso
  • Husein Shahab
  • Ilham Purnama
  • Fahri Husen
  • Tanuri

Kata Kunci:

Pendidikan Karakter, Era Disrupsi, Peserta Didik

Abstrak

Pada era disrupsi, teknologi informasi dan komunikasi telah merubah aspek kehidupan sosial. Masyarakat menghadapi tantangan besar untuk beradaptasi dengan perubahan ini. Hal tersebut juga merubah pola hidup, komunikasi, serta nilai sosial. Untuk mengembalikan masyarakat pada nilai sosial yang baik, pendekatan pendidikan karakter Islam sangat penting. Pendekatan ini tidak fokus pada akademik saja, tetapi juga pengembangan karakter peserta didik. Dari perspektif psikologi, individu merupakan bagian yang tak terpisahkan dari masyarakat. Pendidikan karakter Islam mencakup nilai, etika, norma, dan sikap positif lainnya untuk meningkatkan nilai sosial masyarakat. Metode penelitian kualitatif menggunakan cara pengumpulan data melalui observasi, wawancara, studi pustaka, diskusi kelompok, catatan, dan dokumen resmi. Pendidikan karakter Islam bertujuan untuk mengembangkan potensi masyarakat secara fisik dan spiritual agar menjadi pribadi yang baik.

Unduhan

Diterbitkan

2024-05-28

Cara Mengutip

Riasa, A. ., Halilah, N. C. ., Herawati, H. ., Arfandi, N. A. ., Suryaman, U. ., Nursamsudin, E. ., Iswandi, Trisnawati, F. ., Masiyah, Sayidah, N. ., Wiraprakoso, G. H. ., Shahab, H. ., Purnama, I. ., Husen, F. ., & Tanuri. (2024). Pendidikan Karakter Era Disrupsi Perspektif Psikologi Sosial: Materi Bimbingan Masyarakat Kelurahan Leuwinanggung. ALKOSIMI: Aksi Dan Kontribusi Sosial Untuk Masyarakat Inklusif, 1(1), 44–64. Diambil dari http://ejournal.iprija.ac.id/index.php/AlKosimi/article/view/74

Terbitan

Bagian

Artikel