Efektivitas Pembelajaran di Lingkungan Boarding School di Madrasah Tsanawiyah Muallimat Aisyiyah
Kata Kunci:
Studi efektifitas, Model Satuan Pendidikan, Sekolah BerasramaAbstrak
Boarding school adalah sekolah yang dirancang untuk memberikan pendidikan holistik, mencakup aspek akademik, moral, dan sosial. Boarding school memberikan kepada siswa untuk berasrama dan juga memberikan jadwal teratur untuk siswa belajara suatu hal dan didampingi oleh pendamping asrama. kegiatan yang dilakukan oleh para siswa di asrama seperti pembinaan karakter, penambahan materi secara intensif untuk mencapai tujuan yang telah diberikan
hasil analisis menunjukkan bahwa Boarding school mampu meningkatkan prestasi akademik siswa melalui pendekatan pembelajaran terintegrasi yang intensif. Selain itu, pembelajaran berbasis nilai-nilai moral dan agama, yang menjadi ciri khas boarding school, efektif dalam membentuk karakter siswa. Interaksi sosial yang tinggi dalam komunitas asrama juga mendorong pengembangan keterampilan interpersonal dan kepemimpinan.
dengan demikian program Boarding school meningkatkan efektifitas pembelajaran yang dapat memacu siswa mencapai tujuan yang di sebabkan oleh program boarding school. dan juga peran guru dalam berinteraksi dengan para siswa merupakan salah satu kunci efektif pembelejaran yang dapat menghasilkan pembelajaran yang bermakna dan bermanfaat.
Referensi
Astuti, M., Akbar, R., & Karoma. (2023). Historis Boarding School Serta Faktor – Faktor Yang Mempengaruhinya. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(12), 412–427.
Astuti, Y. D., & Tanjungpura, U. (2024). 5 1,2,3. 4(2), 452–464.
Chartier, M. R. (1972). Learning Effect. Simulation & Games, 3(2), 203–218. https://doi.org/10.1177/003755007200300206
Diajukan Untuk Memenuhi Persyaratan Dalam Memperoleh Gelar Magister Pendidikan Program Studi Pendidikan Biologi. (2015). 2015.
Fathurrahman, A., Sumardi, S., Yusuf, A. E., & Harijanto, S. (2019). Peningkatan Efektivtas Pembelajaran Melalui Peningkatan Kompetensi Pedagogik Dan Teamwork. Jurnal Manajemen Pendidikan, 7(2), 843–850. https://doi.org/10.33751/jmp.v7i2.1334
Firmansah, F., Desty Endrawati Subroto, Desi Kristanti, & Arifin. (2022). Efektivitas Impelementasi Pendidikan Karakter Pada Sekolah Boarding. Risâlah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 8(3), 1113–1129. https://doi.org/10.31943/jurnalrisalah.v8i3.312
Hajar, H. I., Sisika, J., & Selviani, D. (2022). Efektivitas Pembelajaran Menggunakan Sistem Boarding School Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Di Smp Hidayatullah Bengkulu. Computer and Informatics Education Review-CIER, 2022(3), 36–42.
Maunah, B. (2009). Tradisi Intektral Santri. Tradisi Intektral Santri, 31, 50–51.
Nur’aini, N., & Hamzah, H. (2023). Pengelolaan Pembelajaran dalam Sistem Boarding school. Jurnal Al-Qiyam, 4(1), 34–40.
Nuryahman, M., Patimah, L., & Budiansyah, B. (2018). Pengembangan Model Boarding School Dan Implikasinya Sebagai Upaya Peningkatan Mutu Madrasah. Manarul Qur’an: Jurnal Ilmiah Studi Islam, 18(2), 21–35. https://doi.org/10.32699/mq.v18i2.938
Pardede, R. M., & Aktar, S. (2022). Efektifitas Program Pendidikan Boarding School Terhadap Pembentukan Karakter siswa (Studi di SMA Swasta Advent Pematangsiantar). EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 8(1), 71–76. https://doi.org/10.30596/edutech.v8i1.9609
Tnunay, I. A. (2022). Efektifitas Model Pendidikan Boarding School terhadap Peningkatan Karakter Kadet Mahasiswa Permesianan Kapal. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(1), 689–695. https://doi.org/10.58258/jime.v8i1.2766
Widiawati, W., & Jamaludin, G. M. (2023). Efektivitas Pembelajaran Siswa Sd Berbasis Multikultural. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana, 2(1), 22–25. https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/semnas-ps/article/view/34475
Setiadi, S. C., & Indrawadi, J. (2020). Pelaksanaan Program Boarding School dalam Pembentukan Karakter Siswa di SMA 3 Painan. Journal of Civic Education, 3(1), 83–91. https://doi.org/10.24036/jce.v3i1.328
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 ALKOSIMI: Aksi dan Kontribusi Sosial untuk Masyarakat Inklusif

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.






