Telaah Konsep Ayat-ayat Pendidikan Sebagai Media Infografis Pembelajaran dan Dakwah Islam

Penulis

  • Syarifudin STIT Al-Khairiyah Cilegon, Banten
  • Milki Aan STAI Nurul Iman Parung, Indonesia
  • Muhamad Institut Pembina Rohani Islam Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.59109/addawah.v23i2.186

Kata Kunci:

Infografis, tafsir tarbawy, media dakwah, desain al-Qur’an

Abstrak

Penelitian ini berupaya merumuskan konsep media infografis berbasis ayat-ayat tematik pendidikan, mengintegrasikan fungsi sebagai media pembelajaran sekaligus media dakwah. Kajian ini bersifat konseptual dengan pendekatan kualitatif melalui studi pustaka tematik (maudu‘i) terhadap ayat-ayat pendidikan dalam Al-Qur’an serta analisis prinsip desain komunikasi visual dan teori pembelajaran multimedia. Penelitian menghasilkan kerangka konseptual mencakup landasan teologis dan pedagogis dalam pemilihan ayat-ayat pendidikan, prinsip integrasi antara kandungan ayat dengan elemen visual yang sesuai dengan kaidah desain informasi dan etika visual Islami. Artikel ini menawarkan model rancangan infografis yang mengurai proses transformasi teks suci menjadi visual informatif, serta perspektif pemanfaatan konsep ini baik dalam konteks pembelajaran formal/non-formal maupun dakwah digital. Konsep yang dihasilkan diharapkan menjadi pedoman teoritis dan praktis bagi pengembang media pendidikan Islam, dai, maupun desainer komunikasi visual dalam menciptakan media dakwah-pembelajaran yang efektif, menarik, dan tetap menjaga kedalaman serta akurasi pesan Al-Qur’an.

Referensi

Abas, Syed Jan, and Amer Shaker Salman. Symmetries of Islamic Geometrical Patterns. World Scientific, 1994.

Abdullahi, Yahya, and Mohamed Rashid Bin Embi. “Evolution of Islamic Geometric Patterns.” Frontiers of Architectural Research 2, no. 2 (2013): 243–51.

Ahmad, Andi Kamal, Hasyim Haddade, Nur Jihadilla, and Abdul Hakim Junaid. “Lighting the Way: Qur’an Verses on Education in Mathematical Representation.” Journal of Practice Learning and Educational Development 5, no. 3 (2025): 722–31.

Aisy, Salwa Rihadatul, Cucu Surahman, and Elan Sumarna. “Menggali Makna Tarbiyah Dalam QS. Ali Imran Ayat 79: Pendidikan Spiritual, Moral, Dan Sosial Umat Islam.” Jurnal Semiotika-Q: Kajian Ilmu al-Quran Dan Tafsir 4, no. 2 (2024): 715–32.

Alayar, Moneerah, and Eiman Alrashidi. “Bridging Artistic Traditions-Enriching Metalwork and Jewelry through Islamic Art Patterns and Etching Acid Technique.” Al-Academy, no. 111 (2024): 447–60.

Albaar, Mizna Laila, Hasyim Haddade, and Rahmi Damis. “Pendidikan Keluarga Dalam Perspektif Tafsir Maudhu’i.” Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan 8, no. 10 (2022): 187–98.

Amr, Hanan. “The Divine Light, Al-Nur by Digital Media.” Hamad Bin Khalifa University (Qatar), 2021.

Azka, Ana Milatul. “Analisis Semiotik Dakwah Humanis Dalam Akun Instagram Nu Garis Lucu.” UIN KH Abdurrahman Wahid Pekalongan, 2021.

Buya Yahya, dir. Hukum Menempel Ayat Al-Quran Di Baliho Atau Tembok. 2017. https://youtu.be/Q5o-XdENTT8?si=D1O4LcEpypsa15kC.

Faizah, Leily Indah, Amar Ma’ruf, and Evi Fatimatur Rosyidah. “Media Pembelajaran Infografis Dalam Membentuk Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlaq Di Madrasah Aliyah Raudhatul Banath Di Sidoarjo.” Al-Ulum Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Ke Islaman 10, no. 1 (2023): 64–73.

FM, D. Zahra AS. “Tafsir Tematik Ayat-Ayat Tarbiyah Subjek Pendidikan Menurut Penafsiran Ibnu Katsir.” Jurnal Generasi Tarbiyah: Jurnal Pendidikan Islam 4, no. 1 (2025): 29–39.

Halimi, Nora. “From Written Word To Art/Calligraphy.” PHILOSOPHICA International Journal of Social and Human Sciences 8, nos. 15–16 (2021): 78–86.

Harahap, Sri Wahyuni, Asnil Aidah Ritonga, Ahmad Darlis, and Hotmasarih Harahap. “Analisis Konsep Tarbiyah Ta’lim Dan Ta’dib Dalam Perspektif Tafsir Al-Qur’an.” Instructional Development Journal 5, no. 3 (2022): 201–8.

Herriott, Richard. “What Kind of Research Is Research through Design.” IASDR 2019, 2019.

Hidayah, Luthfi. “Analisis Desain Komunikasi Visual Dakwah Pada Akun Instagram@ Nuonlinejatim Sebagai Media Dakwah Di Era Digital.” AN-NASHIHA Journal of Broadcasting and Islamic Communication Studies 3, no. 1 (2023): 24–37.

Hidayat, Muhammad Nur, Nilna Faiziya, and Edi Komarudin. “TAFSIR MAUDHUâ€TM I DI INDONESIA: SEJARAH, TOKOH, DAN PENGARUHNYA DALAM KAJIAN AL-QUR’AN.” Malay Studies: History, Culture and Civilization 3, no. 2 (2024): 24–38.

Jahheed, Abdul Wahid, and Burhanuddin Rahyab. “The Role of Water in Life from the Perspective of the Holy Quran.” Diwan International Scientific and Research Journal 5, no. 2 (2024): 1–19.

Jordan, Jaime, Jason Wagner, David E. Manthey, Meg Wolff, Sally Santen, and Stephen J. Cico. “Optimizing Lectures from a Cognitive Load Perspective.” AEM Education and Training 4, no. 3 (2020): 306–12.

KAMILA, RAMIATUL. “PERANCANGAN TYPEFACE ARAB ‘KUSAKA’ BERGAYA KUFI FATIMI DENGAN ADAPTASI KUJANG UNTUK MENDORONG PERKEMBANGAN KALIGRAFI DIGITAL.” Nusa Putra University, 2025.

Ma’ali, Izzul, Eka Budiharjo, and Zaenal Abidin. “Psychological Dimension in The Design of Islamic Education Learning Technology Based on Piaget’s Theory.” Journal of Scientific Research, Education, and Technology (JSRET) 4, no. 2 (2025): 928–37.

Mubarok, F. S. “Penerapan Prinsip Gestalt Dalam Desain Visual Untuk Meningkatkan Memori Dan Pemahaman Pesan.” Jurnal Ilmiah Komunikasi Makna 11, no. 2 (2023): 152.

Mubarok, F. S. “Penerapan Prinsip Gestalt Dalam Desain Visual Untuk Meningkatkan Memori Dan Pemahaman Pesan.” Jurnal Ilmiah Komunikasi Makna 11, no. 2 (2023): 152.

Pentashihan, Lajnah, and Mushaf Al-Qur’an. “Mushaf Al-Qur ‘An.” Pedoman Pentashihan Mushaf Al-Qur‟ An, 2024.

Purba, Dara Juwita. “PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA INFOGRAFIS DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA SMP NEGERI 2 PARBULAN.” Jurnal Literasiologi 12, no. 4 (2024).

Ramadhan, Maralda. “Analisis Semiotika Nilai-Nilai Islam Dalam Video Klip" Deen Assalam"(Studi Pada Video Klip Nissa Sabyan).” Universitas Islam Riau, 2021.

Saraswati, Dita, Nuning Y. Damayanti, and Djuli Djatiprambudi. “Transformasi Digital Dalam Proses Pembelajaran Studio Desain Komunikasi Visual Sebagai Refleksi Pasca Pandemi.” Jurnal Bahasa Rupa 6, no. 1 (2022): 56–66.

Sari, Madona Agustin. “Perbandingan Konsep Tarbiyah, Ta’lim, Dan Ta’dib.” ALFIHRIS: Jurnal Inspirasi Pendidikan 2, no. 1 (2024): 14–22.

Sweller, John. “Cognitive Load Theory, Learning Difficulty, and Instructional Design.” Learning and Instruction 4, no. 4 (1994): 295–312.

Ta’a, Azman, Muhammad Shakirin Shaari, Ahmad Suki Che Mohamed Arif, Muhamad Shahbani Abu Bakar, and Muhamad Amar Mahmad. “Semantic Approach for Al-Quran Knowledge Representation in Islamic Knowledge Management Framework.” Journal of Quranic Sciences and Research 2, no. 1 (2021): 35–46.

Tajer, Leyla H., and Amir H. Zekrgoo. “Wisdom (Hikmah) as Perceived by Iranian Muslim Scholars: Reflections on Ibn Sina, Ghazali, and Suhrawardi.” Journal of Islamic and Middle Eastern Multidisciplinary Studies: Mathal 6, no. 1 (2019).

Tkachev, Gleb, Rene Cutura, Michael Sedlmair, Steffen Frey, and Thomas Ertl. “Metaphorical Visualization: Mapping Data to Familiar Concepts.” CHI Conference on Human Factors in Computing Systems Extended Abstracts, 2022, 1–10.

Yahya, Ahmad Harun, and Reni Oktaviani. “Film Sebagai Media Dakwah (Analisis Semiotika Pesan Dakwah Dalam Film Ayat-Ayat Adinda).” At-Tadabbur: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan 8, no. 2 (2018): 15–30.

Unduhan

Diterbitkan

2025-12-11

Cara Mengutip

Syarifudin, Aan, M. ., & Muhamad. (2025). Telaah Konsep Ayat-ayat Pendidikan Sebagai Media Infografis Pembelajaran dan Dakwah Islam. Ad-DA’WAH, 23(2), 131–155. https://doi.org/10.59109/addawah.v23i2.186