Peran Lembaga Pendidikan Islam Dalam Penyiapan Materi Dakwah

Penulis

  • Mukroni AB Institut Pembina Rohani Islam Jakarta (IPRIJA)
  • Muhamad Institut Pembina Rohani Islam Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.59109/addawah.v23i1.124

Kata Kunci:

Pendidikan Islam, materi dakwah, pengembangan kurikulum, keterampilan praktis

Abstrak

Penelitian ini mengkaji peran lembaga pendidikan Islam dalam menyiapkan materi dakwah, dengan fokus pada tantangan dan peluang yang dihadapi oleh lembaga-lembaga tersebut dalam menghasilkan konten dakwah yang kompeten dan relevan. Menggunakan metode kualitatif, termasuk wawancara dengan pendidik dan pemangku kepentingan di Jakarta Timur, penelitian ini mengungkap masalah seperti kurangnya integrasi antara ilmu agama dan ilmu umum, pelatihan keterampilan praktis yang tidak memadai, serta pengaruh media sosial yang semakin besar terhadap praktik dakwah. Temuan penelitian menunjukkan bahwa meskipun lembaga pendidikan Islam memainkan peran penting dalam membentuk calon dai, diperlukan reformasi kurikulum, peningkatan pelatihan keterampilan praktis, dan kolaborasi yang lebih erat dengan organisasi eksternal. Studi ini memberikan rekomendasi untuk meningkatkan kualitas materi dakwah agar tetap berdampak dan relevan dalam menjawab isu-isu sosial kontemporer.

Referensi

Anisah, A. “Dinamika Pendidikan Pesantren.” : Jurnal Pendidikan dan Manajemen Islam, 2019. http://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/fikrotuna/article/view/3764.

Azizah, N., Romadi, P., & Pramana, M. A. "Dakwah Musik: Modernisasi Dakwah Studi Hadroh Riyadhatus Shalihin Pekanbaru." Journal of Islamic Management, vol. 4, no. 1, 2024, Article 1. https://doi.org/10.15642/jim.v4i1.155.

Darmawan, Candra. “Eksistensi Ulama dalam Pergulatan Dakwah dan Politik di Indonesia: Studi Fenomenologi dalam Isu Syara.” Jurnal Manajemen Dakwah 4, no. 2 (2018): 133–47.

Faisal, Muhammad. “Media Teknologi sebagai Sarana Dakwah Digital: Analisis Sistematis Penggunaan Presentasi Digital dan Internet.” AT-TAWASUL 4, no. 1 (2025): 115–25.

Fitriyani, Rini. "Hubungan Keaktifan Mengikuti Kegiatan Remaja Masjid dengan Perilaku Sosial Remaja." IAIN Salatiga, 2015.

Hidayat, S, dan E Srimulyani. Peran Ulama Kampung Nyompet Tasikmalaya Dalam Arus Transformasi Budaya Lokal Pesantren Ditengah Ekosistem Teknologi Dunia. repository.unigal.ac.id, 2022. http://repository.unigal.ac.id/handle/123456789/2241.

Iman, Sunardi Bashri. “Emergency Dakwah dalam Mebangun Mental Spiritual Masyarakat (Tinjauan Tafsiran Surat Al-Ikhlash).” AT-TAWASUL 4, no. 1 (2025): 20–31.

Maulidna, Firman, Khairatul Ulfi, Annisa Mulia, Ahmad Zuhri Ramadhan, dan Muhammad Saleh. “Etika Dakwah di Media Digital: Tantangan dan Solusi.” Jurnal Manajemen dan Pendidikan Agama Islam 3, no. 2 (2025): 315–36.

Nurramadhan, M. "Strategi Dakwah Majelis Ta'lim Al-Azkya: Melalui Musik Hadroh dalam Upaya Menyi'arkan Nilai-Nilai Islam kepada Anak-Anak & Remaja di Sukarasa, Kota Cimahi." Hikmah: Jurnal Dakwah dan Sosial, 31-40, 2022.

Rahman, Alfian. "Pelatihan Metode Muhadoroh dalam Meningkatkan Kemampuan Dakwah Santri di Madrasah Arrohmah." Jurnal Komunikasi Pengabdian Masyarakat (Komdimas), vol. 2, no. 2, 2025.

Rahmawati, A. "Efektivitas Metode Muhadoroh dalam Meningkatkan Kemampuan Dakwah Santri." Jurnal Pendidikan Islam, vol. 12, no. 2, 2021, pp. 145-156.

Ramadhani, Lulu Firdauz, dan Cecep Castrawijaya. “MEMBANGUN LEMBAGA DAKWAH YANG INNOVATIF DI ERA DISRUPTIF.” Jurnal Ilmiah Multidisiplin Ilmu 2, no. 1 (2025): 08–12.

Ridwan, Ridwan, dan Ramsiah Tasruddin. “Optimalisasi Media Sosial untuk Dakwah Islam: Tantangan dan Strategi.” AL-QIBLAH: Jurnal Studi Islam dan Bahasa Arab 4, no. 1 (2025): 32–44.

Siregar, Ipa Reyahani. Implementasi Fungsi Manajemen dalam Kegiatan Dakwah Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Kota Pekanbaru. Diss. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, 2025.

Surya, B. "Implementasi Pelatihan Dakwah di Madrasah: Tantangan dan Solusi." Jurnal Dakwah dan Komunikasi, vol. 8, no. 1, 2022, pp. 98-110.

Utari, Citra Melia, dan Efi Hazizah. “Implementasi Program Shalat Dhuha sebagai Dakwah di SMK Pertiwi Rejang Lebong: Dampaknya Terhadap Pembentukan Karakter Siswa.” GHAITSA: Islamic Education Journal 6, no. 1 (2025): 81–86.

Yuwafik, M. Hamdan, dan Nuriyah Nazilah. “Strategi Dakwah Ustadz Hanan Attaki Dalam Membentuk Karakter Kepemimpinan Pada Akun Youtube@ HananAttaki.” Al-Ittishol: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam 6, no. 1 (2025): 65–83.

Zakariah, M. Askari, Vivi Afriani, dan KH M. Zakariah. Metodologi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Action Research, Research And Development (R n D). Kolaka: YPP Al Mawaddah Warrahmah, 2020.

Alwi, Sayyid. Wawancara Narasumber, 2025

Amin, Mohammad. Wawancara Narasumber, 2025

Dewi. Wawancara Narasumber, 2025

Eki. Wawancara Narasumber, 2025

Fahmi. Wawancara Narasumber, 2025

Manaf, Abdul. Wawancara Narasumber, 2025

Uswatun. Wawancara Narasumber, 2025

Yusuf. Wawancara Narasumber, 2025

Unduhan

Diterbitkan

2025-05-18 — Diperbaharui pada 2025-05-24

Versi

Cara Mengutip

AB, M., & Muhamad. (2025). Peran Lembaga Pendidikan Islam Dalam Penyiapan Materi Dakwah . Ad-DA’WAH, 23(1), 61–70. https://doi.org/10.59109/addawah.v23i1.124 (Original work published 18 Mei 2025)