Peningkatan Numerasi Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi Probal Moker Pada Mata Pelajaran PAI di SDN 222 Pasirpogor Kota Bandung

المؤلفون

  • Nada Azzahra UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG
  • Willy Alawiyah
  • Yuliani

الكلمات المفتاحية:

Numerasi، Pembelajaran berdiferensiasi، Probal Moker

الملخص

Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan proses pembelajaran yang dapat memenuhi kebutuhan siswa dan meningkatkan kemampuan numerasi mereka, yang menjadi fokus utama dalam Standar Kompetensi Lulusan pada jenjang pendidikan dasar. Di SDN 222 Pasirpogor, tempat penulis mengajar, capaian numerasi pada rapor pendidikan 2024 stagnan, dengan peringkat di tingkat kota dan nasional mengalami penurunan. Metode penelitian yang digunakan adalah pembelajaran berdiferensiasi dengan pendekatan Project-Based Learning (PBL) yang dipadukan dengan platform digital Quizizz dalam mode kertas, diterapkan pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) untuk kelas 5 dengan materi infak sedekah. Penelitian ini mengatasi tiga tantangan: meningkatkan numerasi melalui PAI, memilih media yang tepat untuk siswa SD, dan menggunakan platform digital yang dapat diakses dengan perangkat terbatas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan ini secara signifikan meningkatkan kemampuan numerasi siswa dan memperkaya pengalaman belajar mereka, serta memberikan manfaat bagi guru dan satuan pendidikan. Kesimpulannya, pembelajaran yang berpusat pada siswa yang dipadukan dengan teknologi dapat meningkatkan numerasi dan memberikan pengalaman belajar yang bermakna.

المراجع

Kemendikbud Ristek. 2021. Merdeka Belajar: Kebijakan Pendidikan di Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.

Kemmis, S., & McTaggart, R. 1988. The Action Research Planner. Deakin University Press.

Lexy J. Moleong, 2018. Penelitian Kualitatif , Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mayer, R. E. 2005. The Cambridge Handbook of Multimedia Learning. Cambridge University Press.

Novrizal dan Ma'rufatun, 2022. Implikasi Asesmen Nasional Terhadap Pengajaran Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Tarbawi, Vol. 5 No. 1 Februari 2022.

Novi Andri Nurcahyono, 2023. Peningkatan Kemampuan Literasi Numerasi Melalui Model Pembelajaran JIPM: Jurnal Ilmu dan Pendidikan Matematika Vol. 1 No. 1 April

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 57 Tahun 2021 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Siti nur arifah, 2010. Literasi Nomerik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam, skripsi: prodi Pendidikan agama islam fakultas tarbiyah IAIN Palangkaraya.

Sugiyono, 2014 . Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Thomas, J. W. 2000. A Review of Research on Project-Based Learning. Retrieved from http://www.bie.org/research/study/review_of_project_based_learning

Tomlinson, C. A. 2001. How to Differentiate Instruction in Mixed-Ability Classrooms. 2nd edition. Alexandria, VA: Association for Supervision and Curriculum Development.

Yuli Triwidayati, 2019. Media Moving Flahscard Untuk Mengembangkan Kemampuan Literasi dan Numerasi pada Pelajaran Fiqih Materi Zakat. FITRAHAL-FATIH: Jurnal Studi Islam Vol. 07, No. 01, Juni, 2019. www.kemenag.go.id

التنزيلات

منشور

2025-06-30

كيفية الاقتباس

Azzahra, N., Alawiyah, W. ., & Yuliani. (2025). Peningkatan Numerasi Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi Probal Moker Pada Mata Pelajaran PAI di SDN 222 Pasirpogor Kota Bandung. ALKOSIMI: Aksi Dan Kontribusi Sosial Untuk Masyarakat Inklusif, 2(1), 23–31. استرجع في من http://ejournal.iprija.ac.id/index.php/AlKosimi/article/view/109