Pengembangan Karakter dan Keterampilan Pemuda Melalui Local Project AIESEC

المؤلفون

  • Najwa Chadeeja Alhady Sekolah Vokasi Institut Pertanian Bogor (IPB)
  • Najma Faathima Alhady Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta

الكلمات المفتاحية:

AIESEC IPB University، program sukarelawan، kesehatan mental، kepemimpinan، SDGs، Pengembangan Pemuda

الملخص

Artikel ini mengangkat program lokal HealMe yang diselenggarakan oleh sukarelawan AIESEC IPB University. Program sejenis ini rutin diadakan guna meningkatkan kapasitas pemuda sekaligus memberikan dampak positif kepada mahasiswa dan pelajar. Pendekatan kualitatif dan evaluasi deskriptif digunakan untuk menilai dampak program terhadap kelompok sasaran. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa program ini berhasil meningkatkan keterampilan sosial, kepemimpinan, dan empati para sukarelawan, sekaligus meningkatkan kesadaran siswa tentang kesehatan mental dan gizi. Temuan pada artikel ini menunjukkan bahwa HealMe memberikan dampak positif yang berkelanjutan dalam pengembangan keterampilan dan kesadaran diri, dengan implikasi yang signifikan bagi pengembangan pemuda dan keterlibatan komunitas.

 

المراجع

AIESEC Indonesia. “AIESEC in Indonesia | Developing Youth Leadership Since 1948.” Diakses 27 November 2024. https://aiesec.or.id/.

AISEC IPB, Official Instagram. “AIESEC in IPB di Instagram: "[What activities you will do when you join the HealMe!].” Instagram, 4 Juni 2024. https://www.instagram.com/p/C7y3zNNvdkY/.

Kambau, Ridwan Andi, Nurhira Abdul Kadir, Jamilah Mutmainnah, dan A. Rahman. “Implementasi Service-Learning di UIN Alauddin makassar.” I). Nur Khairunnisa, 2016. https://acced.uin-alauddin.ac.id/wp-content/uploads/2021/01/Panduan-SL.pdf.

Purwono, Fuad Hasyim, Annida Unatiq Ulya, Nurwulan Purnasari, dan Ronnawan Juniatmoko. Metodologi Penelitian (Kuantitatif, Kualitatif dan Mix Method). Guepedia, 2019.

Putri, Claudia Karina. “Peran AIESEC Local Committee (LC) Bandung dalam Mendukung Pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs).” Global Political Studies Journal 2, no. 1 (2018): 41–55.

Usanto, Usanto, Nur Sucahyo, Waska Warta, Sak Khie, dan Ida Farida Fitriyani. “Transformasi Kepemimpinan Yang Bersifat Profetik Dan Pemberdayaan Masyarakat Di Era Society 5.0 Yang Berkelanjutan.” Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat 4, no. 2 (2023): 5287–5301.

Wiranto, Rahmad Eko, Shannaz Mutiara Deniar, dan Najamuddin Khairur Rijal. “Implementasi Kegiatan Pemberdayaan melalui Organisasi Kepemudaan AIESEC in Indonesia.” Nuansa Akademik: Jurnal Pembangunan Masyarakat 7, no. 1 (2022): 71–84.

التنزيلات

منشور

2024-11-30

كيفية الاقتباس

Alhady, N. C., & Alhady, N. F. (2024). Pengembangan Karakter dan Keterampilan Pemuda Melalui Local Project AIESEC . ALKOSIMI: Aksi Dan Kontribusi Sosial Untuk Masyarakat Inklusif, 1(2), 14–23. استرجع في من http://ejournal.iprija.ac.id/index.php/AlKosimi/article/view/97

إصدار

القسم

Artikel