Strategi Pengembangan Keberagamaan Melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Terintegrasi di SMA Negeri 12 Bandung
Kata Kunci:
Pembelajaran PAI, Ikatan Remaja Masjid, Studi Kasus Kualitatif, SMA Negeri 12 BandungAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk melihat strategi pengembangan keberagamaan melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMA Negeri 12 Bandung. Penelitian difokuskan pada tiga masalah utama: 1) strategi penyampaian keberagamaan melalui pembelajaran PAI, 2) strategi pengembangan keberagamaan melalui pembelajaran PAI, dan 3) strategi pengelolaan keberagamaan melalui pembelajaran PAI. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian studi kasus, data dikumpulkan melalui wawancara dan dokumentasi. Informan dalam penelitian terdiri dari Guru PAI, Wakil Kepala Sekolah bidang Kurikulum, Ketua Pembina Ikatan Remaja Masjid (IRM), serta siswa aktivis IRM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Strategi pengembangan keberagamaan melalui pembelajaran PAI diajarkan kepada siswa secara turun-temurun dari guru senior, dan dilaksanakan secara konvensional meliputi perencanaan, pembelajaran melalui interaksi di kelas, serta evaluasi. 2) Strategi pengembangan juga dilaksanakan melalui pembinaan organisasi OSIS yang tergabung dalam Ikatan Remaja Masjid (IRM) DKM Nurul Hidayat, dengan pendekatan bottom-up di mana anggota IRM menjadi penggerak seluruh kegiatan keagamaan non-akademik. 3) Siswa yang tergabung dalam IRM merupakan aktivis yang umumnya berasal dari latar belakang keluarga dengan pendidikan agama yang kuat, serta sebagian besar merupakan alumni MTs atau pernah menempuh pendidikan pesantren pada jenjang SMP.
Referensi
Buku Pedoman Kurikulum SMA Negeri 12 Bandung
Deny Saepul Hayat, Keberagamaan melalui pembelajaran PAI Melalui Pendekatan Konstektual, (Jakarta: Bulan Bintang, 1997).
Dick And Carey, Sistemic Desaign Intruction, (Gleinview: Illois Harper Collins Pubhliser, 2005).
Fuad Ikhsan Fuad, Dasar-Dasar Kependidikan, (Jakarta: Pt. Renika Cipta, 2003).
Hamzah B. Uno, Perencanaan Pembelajaran, (Jakarta: Bumi Aksara, 2008).
Hasil Observasi Tanggal 10 Januari 2024 Di SMA Negeri 12 Bandung
Hasil Wancara Tanggal 18 Januari 2024 Dengan Ketua Osis SMA Negeri 12 Bandung
Hasil Wawancara Tanggal 16 Januari 2024 Dengan Ketua Alumni Alusmanis Sma Negeri 1 Ciamis
Hasil Wawancara Tanggal 18 Januari 2024 Dengan Gpai Sman 1 Ciamis
Indrawan, Analisis Pendidikan Di Indonesia Suatu Tinjauan Atas Kebijakan Pemerintah Terhadap Pendidikan, (Jakarta: Balai Pustaka, 1999).
Iskandarwassid Dan Dadang Sunendar, Strategi Pembelajaran Bahasa, (Bandung: Remaja Rosda Karya , 2008).
Martini Yamin Dan Maisah, Manajemen Pembelajaran Kelas: Strategi Meningkatkan Mutu Pembelajaran, (Jakarta: Gp Press, 2009).
Muhaimin Dkk, Strategi Belajar Mengajar, (Surabaya: Citra Media, 1996),
Natawijaya Kusuma, Strategi Belajar Mengajar Membangun Kerangka Pikir
Peserta Didik, (Bandung: Padjajaran Press, 1995).
Mukroni, A. B. "Peran Lembaga Pendidikan Islam Dalam Penyiapan Materi Dakwah." Ad-DA'WAH 23.1 (2025): 61-70.
Nauman Strategi Pembelajaran Dasar, (Jakarta)
Oemar Hamalik, Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi, (Jakarta: Bumi Aksara).
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan
Piet A. Shaertian, Konsep Dasar Dan Teknik Supervisi Pendidikan Dalam Rangka Pengembangan Suber Daya Manusia, Jakarta. Pt. Renika Cipta 2000.
Separtemen Pendidikan Ri, Strategi Pembelajaran
Siti Malika Thowaf, Strategi Pembinaan Pendidikan Agama Islam Menyongsong Abad Ke 21, (Pendidikan Nilai Vol.2)
Suharyono Dkk, Strategi Belajar Mengajar I, (Semarang: Semarang Press, 1991). Sumon Amornwiwat, Sombat Kong Karn Sek-Sa Thai, (Bangkkok: Chulalongkorn Superman Atwi, Desain Intruksional. (Jakarta: Pau Universitas Terbuka, 1997).
Wahyuddin Dkk, Pendidikan Agama Islam Untuk Perguruan Tinggi, (Jakarta: Pt. Grasindo 2009).
Wina Sanjaya, Perencanaan Dan Desain Sistem Pembelajaran (Jakarta: Kencana, 2008).
Winchai Tansiri, Ideal Dalam Pendidikan, Teori Dan Praktek, (Bankkok: Samdala, 2006).
Yoman S.Degeng, Teori Pembelajaran,
Zakiyah Daradjat, Membina Nilai-Nilai Moral Indonesia, (Jakarta: Bulan Bintang, 1998).
Zamroni, Pendidikan Masa Depan, (Yogyakarta: Bigaf Publising, 2000).
Amrullah, Zen. “Problematika Literasi Dalam Konteks Pendidikan (Islam) Abad 21.” Journal Ta’limuna 12, No. 1 (April 4, 2023): 1–12.
Https://Doi.Org/10.32478/Talimuna.V12i1.999.
Bararah, Isnawardatul. “Efektifitas Perencanaan Pembelajaran Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah.” Jurnal Mudarrisuna: Media Kajian Pendidikan Agama Islam 7, No. 1 (September 24, 2017): 131–47. Https://Doi.Org/10.22373/Jm.V7i1.1913.
Cahyono, Heri. “Pendidikan Karakter: Strategi Pendidikan Nilai Dalam Membentuk Karakter Religius.” Ri’ayah: Jurnal Sosial Dan Keagamaan 1, No. 02 (December 2, 2016): 230–40.
Fitriyah, Chumi Zahroul, And Rizki Putri Wardani. “Paradigma Kurikulum Merdeka Bagi Guru Sekolah Dasar.” Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan 12, No. 3 (September 29, 2022): 236–43.
Https://Doi.Org/10.24246/J.Js.2022.V12.I3.P236-243.
Hidayat, Wahyu, Jaja Jahari, And Chika Nurul Shyfa. “Manajemen Kelas Dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran Di Madrasah.” Jurnal Pendidikan Uniga 14, No. 1 (July 2, 2020): 308–17. Https://Doi.Org/10.52434/Jp.V14i1.913.
Masalubu, Satmawati. “Penerapan Pendekatan Kontekstual (Ctl) Pada Keberagamaan melalui pembelajaran PAI Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Di Kelas V Sdn 01 Duhiadaa.” Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal 4, No. 2 (April 28, 2020): 121–28. Https://Doi.Org/10.37905/Aksara.4.2.121-128.2018.
M.Pd, Dr Suharti, S. Pd , M. Si, Dr Sumardi M.Kes, Moh Hanafi M.Pd S. Pd, And Dr Luqmanul Hakim. Strategi Belajar Mengajar. Jakad Media Publishing, 2020.
Rahayu, Komang Novita Sri. “Sinergi Pendidikan Menyongsong Masa Depan Indonesia Di Era Society 5.0.” Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar 2, No. 1 (July 5, 2021): 87–100. Https://Doi.Org/10.55115/Edukasi.V2i1.1395.
Sari, Diana, Jumra Hayani, And Nurlaili Nurlaili. “Pendidikan Agama Islam Di Perguruan Tinggi.” Jurnal Pendidikan Dan Konseling (Jpdk) 5, No. 4 (August 4, 2023): 199–207. Https://Doi.Org/10.31004/Jpdk.V5i4.17282.
Tamrin, A.G. “Penyelarasan Antara Permintaan Dengan Penyediaan Guru Produktif
Berdasarkan Spektrum Keahlian Di Smk Dalam Perspektif Desentralisasi Pendidikan.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Dan Kejuruan 6, No. 2 (July 26, 2017). Https://Doi.Org/10.20961/Jiptek.V6i1.12520.
Tang, Muhammad. “Pengembangan Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Pai) Dalam Merespon Era Digital.” Fikrotuna: Jurnal Pendidikan Dan Manajemen Islam 7, No. 1 (July 29, 2018): 717–40.
Https://Doi.Org/10.32806/Jf.V7i1.3173.
Umar, Mardan. “Urgensi Nilai-Nilai Religius Dalam Kehidupan Masyarakat Heterogen Di Indonesia.” Jurnal Civic Education: Media Kajian Pancasila Dan Kewarganegaraan 3, No. 1 (June 8, 2019): 71–77.
Https://Doi.Org/10.36412/Ce.V3i1.909.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 ALKOSIMI: Aksi dan Kontribusi Sosial untuk Masyarakat Inklusif

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.






