Sejarah Rekonstruksi Pendidikan Islam di India
DOI:
https://doi.org/10.59109/addawah.v20i1.20Kata Kunci:
Muslim India, Rekonstruksi Pendidikan, Pendidikan Islam, Kurikulum PendidikanAbstrak
Pendidikan keagamaan telah menjadi salah satu mode yang digemari oleh masyarakat India sejak kaum Muslim datang ke tempat itu sekitar abad delapan masehi. Artkel ini berupaya untuk mengekplorasi capaian kemilau Pendidikan Islam di India. metode yang digunakan sepenuhnya adalah kajian literatur dengan pendekatan historis. Temuan penelitian ini menunjukan adanya pola Pendidikan dan pengajaran yang terpola secara sistematis. Peran ulama dan sinergi dengan pemerintah pada masa itu merupakan kunci utama peradaban Islam di India. Upaya memperbaiki sisitem pendidikan secara lebih maju dari jenjang anak-anak hingga menghasilkan sejumlah sarjana. Dinasti penguasa masa itu berupaya memperbaiki dan merekonstruksi madrasah kurang baik. Mereka pun berhasil membangun sekolah dasar, menengah dan tinggi model baru yang mengintegrasikan kurikulum berbagai bidang keislaman, bahasa Arab dan literatur, bahasa Persia, al-Qur'an, Hadits, Fiqih, Ilmu Kalam, Logika, Astronomi dan Matematika.
Referensi
Alavi, S. M. Ziauddin. Pemikiran Pendidikan Islam pada Abad Klasik dan Pertengahan, diterjemahkan oleh Abuddin Nata. Montreal: McGill University, 2000.
Arnold, Thomas W., The Preaching of Islam (Sejarah Dakwah Islam terj. HA. Nawawi Rambe). Jakarta: Wijaya, 1981.
Eliade, Mircea (ed.). The Encyclopedia of Religion dalam Islam in South Asia. New York: Simon and Schuster Macmillan, 1995.
Esposito, John L., Islam in Asia : Religion, Politic and Society. New York : Oxford University Press, 1987.
Fazlurrahman. Islam, diterjemahkan oleh Ahsin Mohammad. Bandung: Pustaka, 1984.
Glasse, Cyril. Ensiklopedi Islam. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 1996.
Lapidus, Ira M.. Sejarah Sosial Umat Islam. Jakarta : PT. RajaGrafindo Persada, 2000. Cet. II.
Lewis, Bernard. The World of Islam : Faith, People, Culture. London: Thames and Hudson Ltd., 1997.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Tanenji

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.