Strategi Dakwah Digital dalam Podcast Escape Ustad Felix Siauw
DOI:
https://doi.org/10.59109/addawah.v23i2.149Kata Kunci:
Dakwah digital, Podcast Escape, Felix SiauwAbstrak
Dalam perkembangan zaman yang serba digital, strategi dakwah pun mengalami transformasi, dari metode konvensional ke arah metode yang lebih modern dan kreatif oleh karena itu latar belakang penelitian ini adalah terdapat banyak kalangan anak muda yang enggan untuk mendengarkan nasihat seperti ceramah karena dianggap membosankan dan memakan waktu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan Podcast dalam penyampaian dakwah mampu membuat kalangan muda khususnya untuk mendengarkan ceramah. Penelitian dilakukan secara kualitatif menggunakan desain penelitian deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ustadz Felix Siauw memanfaatkan podcast Escape sebagai media dakwah digital yang adaptif terhadap perkembangan teknologi dan karakteristik audiens muda. Melalui gaya komunikasi yang persuasif, dialogis, dan kontekstual, ia berhasil menyampaikan pesan keislaman secara ringan namun bermakna. Strategi dakwah yang diterapkan menekankan keseimbangan antara aspek emosional dan rasional, serta didukung oleh kemampuan naratif yang kuat.
Referensi
Abdullah, Farid. “Fenomena Digital Era Revolusi Industri 4.0,.” Jurnal Dimensi DKV Seni Rupa Dan Desain 4 (2019).
Abzar, M. “Strategi Dakwah Masa Kini (Beberapa Langkah Strategis Pemecahan Problematika Dakwah).” Lentera 17, no. 1 (2015): 37–52.
Asbi, Muhammad, Salsabil Fadilah Firdaus, and Lilik Hamidah. “Strategi Dan Pendekatan Dakwah Di Era Digital Pada Pemikiran Al Bayanuni.” Jurnal An-Nida 17, no. 1 (2025): 15–26. https://www.wattpad.com/683564280-.
Azzahra, Fatimah. “Wawancara Bersama Pendengar Podcast Escape.” Palembang, 2025.
Budi. “Wawancara Bersama Tim Podcast Escape.” Bandung, 2025.
Fajrussalam, Hisny, Intan Dwiyanti, Nisrina Fairuz Salsabila, Rinanda Aprillionita, and Siti Auliakhasanah. “Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Dakwah Islam Dalam Kemajuan Perkembangan Teknologi.” As-Sabiqun 4, no. 1 (2022): 102–14. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v4i1.1686.
Hasibuan, Nur Intan. “ANALISIS MODEL DAKWAH USTADZ HANAN ATTAKI MELALUI PLATFORM MEDIA SOSIAL,” 2025.
Ibnu Kasir, and Syahrol Awali. “Peran Dakwah Digital Dalam Menyebarkan Pesan Islam Di Era Modern.” Jurnal An-Nasyr: Jurnal Dakwah Dalam Mata Tinta 11, no. 1 (2024): 59–68.
Imarshan, Idham. “Popularitas Podcast Sebagai Pilihan Sumber Informasi Bagi Masyarakat Sejak Pandemi Covid-19.” Perspektif Komunikasi: Jurnal Ilmu Komunikasi Politik Dan Komunikasi Bisnis 5, no. 2 (2021): 213. https://doi.org/10.24853/pk.5.2.213-221.
Lisa Oktariani. “Analisis Pesan Dakwah Husain Basyaiban Pada Media Aplikasi Tiktok.” MAUIZOH: Jurnal Ilmu Dakwah Dan Komunikasi 7, no. 2 (2022): 91–108. https://doi.org/10.30631/mauizoh.v7i2.65.
Rika Widianita, Dkk. “METODE DAKWAH DALAM SURAT AN-NAHL AYAT 125 (STUDI KOMPARATIF ANTARA TAFSIR AL-MISBAH DAN TAFSIR AL-MARAGHI).” AT-TAWASSUTH: Jurnal Ekonomi Islam VIII, no. I (2023): 1–19.
Ummah, Athik Hidayatul, M. Khairul Khatoni, and M. Khairurromadhan. “Podcast Sebagai Strategi Dakwah Di Era Digital: Analisis Peluang Dan Tantangan.” Komunike 12, no. 2 (2020): 210–34. https://doi.org/10.20414/jurkom.v12i2.2739.
Utami, Setya. “Nilai-Nilai Edukatif Dalam Karya Felix Y. Siauw.” MUDARRISA: Jurnal Kajian Pendidikan Islam 7, no. 1 (2017): 1–28. https://doi.org/10.18326/mdr.v7i1.1-28.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Muhammad Fahmi, Achmad Syarifudin, Anang Walian

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.











