Komunikasi Teks ke Visual: Kerangka Teoretis Gamifikasi Untuk Pembelajaran
DOI:
https://doi.org/10.59109/addawah.v23i2.182Kata Kunci:
Gamifikasi, Pembelajaran Agama, Motivasi Belajar, Pendidikan Islam, Media Visual InteraktifAbstrak
Penelitian ini mengkaji aspek desain visual dan konsep elemen permainan dalam dalam kerangka meningkatkan pengalaman belajar dan motivasi siswa. Fokusnya dalam pendidikan Al-Qur’an tradisional, di mana pembelajaran sering bersifat tekstual dan monolog, sehingga motivasi belajar siswa cenderung menurun. Artikel ini mengembangkan kerangka teoretis gamifikasi dalam pembelajaran Al-Qur’an yang memadukan elemen visual interaktif guna meningkatkan keterlibatan siswa. Metode penelitian adalah kajian kepustakaan berbasis Design-Based Research (DBR), sebuah paradigma penelitian yang secara sistematis merancang, mengembangkan, dan mengevaluasi solusi praktis. Kajian menghasilkan desain gamifikasi dengan mempertimbangkan nilai-nilai Islam dan kebutuhan karakteristik generasi digital. Kerangka yang diusulkan mencakup proses adaptif berbasis kebutuhan, penggunaan platform digital, serta penguatan elemen narasi Islami. Dengan rancangan yang tepat, gamifikasi dapat mentransformasi pembelajaran Al-Qur’an dari teks statis menjadi pengalaman visual yang menyenangkan, sehingga diharapkan meningkatkan motivasi belajar di lingkungan pendidikan Islam.
Referensi
Ababil, Abdul Malik Saif, Zainal Abidin, Saifuddin Saifuddin, and Agus Fawait. “Penerapan Gamifikasi Dalam Pembelajaran Pendidikan Islam Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa.” Indonesian Journal on Education (IJoEd) 1, no. 4 (2025): 316–22. https://doi.org/10.70437/xzfp3h16.
Andriani, Nining, Shorihatul Inayah, Tamsik Udin, Oki Dermawan, and Lensa Rosdiana Safitri. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Praktis Dan Aplikatif. 1st ed. U ME Publishing, n.d.
AZizah, Siti Syafiqah, Syahidin Syahidin, And Saepul Anwar. “Implementasi Model Gamifikasi Untuk Meningkatkan Motivasi Siswa Pada Pelajaran Pai Di Sman 13 Bandung.” Learning: Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran 4, no. 4 (2024): 1221–29.
Balkist, Pujia Siti, Ana Setiani, Novi Andri Nurcahyono, Hamidah Suryani Lukman, Yanti Mulyanti, and Aritsya Imswatama. Metodologi Penelitian Dalam Pendidikan Dengan Project Based Learning. Wawasan Ilmu, n.d.
Chou, Yu-kai. “The Octalysis Framework for Gamification & Behavioral Design.” URL: Https://Yukaichou. Com/Gamification-Examples/Octalysis-Complete-Gamification-Framework/[Accessed 2019-11-03], 2015.
Fanani, Lutfi, Komang Candra Brata, Adam Hendra Brata, and M. Afif Fauzi. “Gamification for Mobile-Based Al-Quran Writing Learning Applications.” International Journal 9, no. 2 (2021): 49–55.
Hassan, Siti Hasrinafasya Che, Syadiah Nor Wan Shamsuddin, and Nor Hafizi Yusof. “Towards Designing a Framework for Adaptive Gamification Learning Analytics in Quranic Memorisation.” PERTANIKA Journal of Science & Technology 31, no. 1 (2023).
Mahmud, Salami, and Muhammad Furqan. “Gamification in Islamic Religious Education: Developing Interactive Learning Media via Quizizz with the Addie Model.” Edukasi: Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran 12, no. 01 (2025): 171–91. https://doi.org/10.19109/d48tv716.
SR, Nurly Mewa. “Penerapan Aplikasi Duolingo Dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran PAI Siswa Di SDN Banjarharjo Ngemplak Sleman.” Universitas Islam Indonesia, 2025. dspace.uii.ac.id/123456789/57052.
Srimuliyani, Srimuliyani. “Menggunakan Teknik Gamifikasi Untuk Meningkatkan Pembelajaran Dan Keterlibatan Siswa Di Kelas.” EDUCARE: Jurnal Pendidikan Dan Kesehatan 1, no. 1 (2023): 29–35. https://doi.org/10.70437/jedu.v1i1.2.
Susanti, Ruth Natalia, Allyssa Nadiya Zaeni, and Nadia Salsa Fiana Dewi. “Dekonstruksi Pendidikan Dan Rekonstruksi Motivasi Intrinsik Guna Meningkatkan Belajar Di Era Disrupsi.” Prosiding Seminar Psikologi (PROSEPSI) 2, no. 1 (2025): 45–57.
Triantafyllou, Serafeim A., Christos Georgiadis, and Theodosios Sapounidis. “Gamification in Education and Training: A Literature Review.” International Review of Education, Springer, 2025, 1–35. https://www.researchgate.net/publication/390860249_Gamification_in_education_and_training_A_literature_review.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Komarudin

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.










