Rekonstruksi Pendidikan Boarding School di Indonesia

Penulis

  • Abdul Manaf IPRIJA

DOI:

https://doi.org/10.59109/addawah.v20i1.21

Kata Kunci:

boarding school, rekonstruksi Pendidikan, pesantren

Abstrak

Selain memiliki keunggulan, sekolah berasrama (boarding school) masih terus menyisakan permasalahan. Sejumlah problematika seperti faktor ideologi yang tidak jelas, dikotonomi pengajar dan pembina asrama, dan acuan kurikulum. Artikel ini berupaya untuk menjelaskan upaya rekonstruksi peran sekolah berasrama dalam Pendidikan agama di Indonesia. Metode yang digunakan sepenuhnya adalah kajian literatur. Hasil penting dari penelitian ini menunjukkan peran penting dan strategis boarding school dalam pembentukan akhlak yang paripurna, dan kurikum yang memadukan kurikulum pesantren dengan sekolah umum. Berbagai kelemahan-kelamahan yang muncul perlu diatasi agar menjadi lebih baik dalam memberikan kontribusi bagi bangsa dan agama.

Referensi

Al-Maududi, Abd. A’la. Pembaruan Pesantren, Yogyakarta: Pustaka Pesantren, 2006.

Amadin, Adin. "Pola Pendidikan Berbasis Pondok Pesantren Dalam Upaya Mencapai Keunggulan Kompetitif." Jurnal Madinasika Manajemen Pendidikan dan Keguruan 2.02 (2021): 112-121.

Bahtiar dalam Boarding School dan Peranannya Dalam Pengembangan Pendidikan Islam.

Diliana, Tika. Analisis manajemen strategi keunggulan bersaing teori Michael E Porter dalam upaya mempertahankan eksistensi usaha: Studi kasus unit usaha Pondok Pesantren Sunan Drajat Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan Jawa Timur. Diss. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, 2021.

John M. Echols, Hasan Shadili, An English-Indonesian, Jakarta: Gramedia, 1996.

Kartasasmita, Ginandjar, Peran Pondok Pesantren Dalam Membangun Sumber Daya Manusia Indonesia yang Berkualitas, dalam www.ginandjar.com,

Khotimah, Khusnul, Islam dan Globalisasi: Sebuah Pandangan Tentang Universitas Islam,(Komunika, Vol.3 No.1 Januari-Juni 2009 pp.114-132)

Rangkuti, Suheri Sahputra. "Integrasi Keunggulan Pesantren Salaf dan Khalaf pada Pondok Pesantren Al-Ansor Padangsidimpuan." Madaniyah 8.2 (2018): 272-281.

Siswanto, Siswanto. "Madrasah Unggulan Berbasis Pesantren." Ulumuna 18.1 (2014): 159-180.

Tahya, A. Halim Fathani, Boarding School dan Pesantren Masa Depan.

www.sekolahalam.org

Yasin, Fatah, Dimensi-dimensi Pendidikan Islam, Yogyakarta : Sukses Offset, 2008.

http://oxforddictionaries.com/.

http://www.gemari.or.id

https://www.indonesiastudents.com

Unduhan

Diterbitkan

2022-03-16

Cara Mengutip

Manaf, A. (2022). Rekonstruksi Pendidikan Boarding School di Indonesia. Ad-DA’WAH, 20(1), 50–60. https://doi.org/10.59109/addawah.v20i1.21